Padang -- Lintas Media News
Relawan Eco Enzim Indonesia ( REEI ) Sumatra Barat adakan pelatihan kepada 60 orang warga Padang dan Pariaman Sabtu bertempat  di Kampus UNP Padang ( 14/01/2023 ).

Kegiatan ini digagas oleh Winbaktiar Nur, Lisma Siregar dan Ana Susanti Yusman dan sekaligus bertindak sebagai panitia pada kegiatan full day yang dimulai dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore.

Pada pelatihan selama satu hari penuh ini teori dan praktek diberikan lansung oleh  pemateri Batara Surya Yusuf SE. MS yang sengaja didatangkan dari Kota Medan yang sekarang menjabat sebagai pembina REEI Indonesia.

Winbaktiar Nur ketika ditemui menjelaskan pelatihan satu hari ini para peserta akan disajikan materi Eco Enzym dan turunannya dan juga sekaligus praktek proses pembuatan eco enzym dan diharapkan kepada peserta semuanya mampu menyerap semua materi dan mampu membuat dirumah masing-masing serta dapat menularkannya kepada orang lain.
Membuat eco-enzyme sebetulnya tidak sulit, yang penting ada kemauan dan kesadaran bahwa yang dilakukan ini penting untuk kesehatan dan kebersihan lingkungan. Bahan yang dibutuhkan adalah (1) gula merah/molase, (2) kulit buah, sisa sayuran, buah afkir, buah memar, dan (3) air (air sumur, air hujan, air buangan AC, maupun air galon). Semua bahan tersebut dicampur dengan perbandingan 1:3:10. Sebagai contoh jika gula merah 1 ons, maka kulit buah/sayuran 3 ons dan air sebanyak 10 ons. Semua bahan ini kemudian difermentasi selama tiga bulan. Setelah masa penyimpanan selesai, bahan tersebut dapat disaring dan airnya dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

Pada setiap peserta disarankan  eco-enzyme ini tidak untuk diperjualbelikan oleh sang penemu, tetapi diberikan secara gratis agar dapat dimanfaatkan secara luas untuk kesejahteraan masyarakat. Eco-enzyme memiliki beragam manfaat, antara lain sebagai pupuk tanaman, pembersih kloset, pengusir tikus, sabun cuci piring, pembersih sayuran, obat kumur, dan lain-lain.

Winbakhtiar Nur pada pembukaan acara menyampaikan bahwa Pak Batara ini adalah sosok orang tidak pelit dengan ilmu bagi siapapun, diharapkan kepada semua peserta nanti jika ada kesulitan silahkan hubungi beliau dan jika ada yang jalan ke kota Medan jangan silahkan mampir ke rumah beliau nanti. ( ND ).
 
Top