Tanah Datar , Lintas Media .New. 
Momentum Hari Ulang Tahun  Simawang Saiyo Pekanbaru ke 40, menjadi catatan khusus banyak pihak, sebagai referensi hingga suri teladan dalam peradaban .Diketahui hadir nya  masyarakat Simawang  baik yg di kampung halaman maupun di Kota Pekanbaru Riau , secara bertahap terus berkembang dari tahun ke tahun.

Guna menyambung rasa Silaturahmi antara Masyarakat Simawang Saiyo yang ada di perantauan . Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Simawang Saiyo Kota Pekanbaru menggelar syukuran HUT yg ke 40 dilaksanakan pada Sabtu  malam (14/01)2023 . Bertempat di Gedung PMI jln Sudirman Pekan baru.
Dalam rangka Syukuran kali ini bertemakan " Bersilaturahmi, berbakti ,dan berbagi sesama anak Nagari. ". Turut hadir :  Firman Malin Paduko selaku Wali Nagari Simawang  beserta perangkat ,  Angota DPRD Tanah Datar , berasal dari Nagari Simawang Alimuhar st tunaro , Abu Bakar LC. dan  Adrijinil SH. MH.Dt Rangkayo Mulia  selaku Ketua DPP Simawang Saiyo, Ketua DPC Simawang Saiyo  Kota Pekanbaru Anapison Dt Rangkayo Basa, dan pengurus , Seluruh DPC kabupaten / Kota se Propinsi Riau , Ketua KBSP Propinsi Riau Dr Sondia Warman SH.MH.Ninik Mamak, Bundo Kanduang, Masyarakat Simawang  Peranraun di Pekanbaru serta undangan lain nya  ikut hadir crew media ini.

Kegiatan ini dengan pembawa acara Susi Angraini SKM dan Mustika SE . Yang diawali dengan pembacaan wahyu illahi  oleh H Adnasrul S.AG. suara nya yg begitu bagus.
Ketua Pelaksana Mardenis mengarakan '  kegiatan ini didasari dengan Anggaran Dasar DPP BAB ll Pasal 7 poin , yg menjelaskan perlu nya memelihara  semangat persatuan dan kesatuan dengan rasa kekeluargaan bersilaturahmi di perantauan serta memupuk  rasa kecintaan akan kampung halaman Nagari Simawang Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar.adapun ART DPP  BAB Vl pasal 30 poinC. Merencanakan serta merelisasikan bantuan terhadap Anal Yatim piatu atau keluarga yg kurang mampu dan kaum dhuafa dan juga dalam ART DPC Bab Vpadal 17 poin 1. Perencanaan kegiatan dalam bidang  kedejahtetaan dan sosial dasar llain nya yaitu hasil  rapat (4/12)2022 lalu. Dan kita juga mendengarkan Selawat Dulang  Riak Danau, Halilintar  Sumber dana murni  dari masyarakat dan perantau juga membantu memberi kan  sembako sebanyak 15 orang  " ujar Mardenis. 

Anapison Dt Rangkayo Basa  selaku Ketua DPC SSJ  Kota Pekanbaru menyampaikan " kegiatan tersebut untuk memelihara semangat persatuan dan kesatuan  di antara sesama anak nagari Simawang di perantauan dan kampung halaman serta memperkuat  silaturahmi dengan semangat ke gotong royongan. Sampai saat ini berjalan dengan baik dan eksis melakukan kegiatan rutin  sosial kemasyarakatan juga melakukan wirid , pengajian bulanan, takziah, membantu warga yg mengalami musibah wujud nyata silaturahim  sehingga tercipta nya  kekompakkan dengan komunikasi ideal dengan tokoh audiensi dengan DPRD  Propinsi Riau dan juga merupakan keluarga besar Simawang Saiyo.,
" pada 2023 ini. Bersama DPC Pekanbaru. Akan mempokuskan pembangunan geding yg sudah lama   tidak di renovasi  meribah kembali menjadi permanen sampai saat ini sudah tahap pembangunan pondasi." Katanya.
Anapison menambahkan"  sudah 40 th keberadaan DPC Simawang Saiyo di Pekanbaru, berharap kepada seluruh pengurus tetap solid dan bekerja sama .sehingga akan memberikan manfaat bagi masyarakat maupun kampung halaman  " ujar nya.

Adrijinil Dt Rangkayo Mulia selaku Ketua DPP  Simawang Saiyo  memaparkan "  Kami berpesan  kepada Ketua DPC Simawang Saiyo untuk bisa mendata kembali keberadaan masyarakat perantauan yang belum terdaftar masuk keanggotaan." Sampai sejauh ini proram kerja yg di miliki pengurus DPC Kota Pekanbaru sangat luar  biasa, namun kami sebagai pengurus pusat tetap memotivasi kearah yg lebih baik. Kami berharap aktifitas positif yg di lakukan oleh kepengurusan DPC Simawang Saiyo Kota Pekanbaru dapat di contoh  bagi 21 DPC yang lain " papat Adrijinil.
Adrijil menambahkan " pupuk lah rasa kebersamaan dan kekompakkan , karena kita di perantauan ini perlu menjalin silaturahmi, inti nya kita semua dapay selalu memperhatikan kampung halaman ." Tambah nya.

Wali Nagari Simawang  Firman Malin Panduko  menyampaikan " Apresiasi kepada Pengurus FPC Simawang Saiyo Kota Pekanbaru  yg telah menjalankan program kegiatan, mempererat tali silatirahmi bersama.merasa bangga kepada kepengurusan DPC Simawang Saiyo Pekambaru ini di bawah kepemimpinan Anapison yang telah menjaga kultur adat dan budaya kampung halaman  dengan selalu menjaga kesenian daerah melalui silaturahmi berkumpul bersama setiap tahun nya.Kami Pemerintahan Wali Nagari bersam wali jorong bersepakat akan tetap terus mendukung seluruh ide dan gagasan program kerja dan pengurus FPC Simawang Saiyo Kota Pekanbaru .Mudah-mudahan hal ini terus di lakukan dan selalu menjaga kekompakkan satu sama lai  nya." Tutur Firman.

Kegiatan  di lanjutkan dengan pemotongan nasi tumpeng  oleh Ketua DPP dan DPC. Sebagai wujud rasa syukur 40 tahun sudah berlalu pengurus DPC Simawang Saiyo Kota Pekanbaru. Pemberian sembako kepada 15  orang pemanfaat. Seterus nya pembacaa doa  oleh H. Syafrial. Dan di lanjutkan dengan hiburan  Selawat Dulang   serta lelang kue.  ( YEN )
 
Top