Sekretaris Daerah Solok Selatan Syamsurizaldi foto bersama dengan Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda, asisten,
staf ahli dan pemenang festival kopi. (foto:ist/hms)

Padang Aro, Lintas Media News

Sekretaris Daerah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat Syamsurizaldi mengatakan penyelenggaraan Festival kopi merupakan wadah edukasi dalam meningkatkan keahlian para pelaku IKM untuk menghasilkan kopi yang berkualitas. Potensi pengembangan kopi di Solok Selatan sangat besar dan diharapkan akan terus lahir petani dan juga IKM dan UKM Kopi memanfaatkan lahan yang masih banyak," ujarnya.

Dia mengatakan, di Solok Selatan terdapat 27 IKM dan UKM Kopi dengan produksi mencapai 762 ton Arabica, dan 2.100 ton di pada 2021.

Sejumlah juri bersertifikat nasional dari berbagai daerah (Pekanbaru, Medan, dan Padang), mengapresiasi cita rasa kelezatan kopi Solok Selatan. "Kualitas kopi Solok Selatan punya cita rasa yang lezat, dan kami yakini bisa bersaing di tingkat nasional," kata salah seorang juri Abdurrahman Farhumi yang berasal dari Pekanbaru (Q Arabica Grader, Erber Coffee, Umar Roastery).

Dia mengatakan, juri Said Eko, yang bekerja di perusahaan eksportir kopi menyampaikan ketertarikannya dalam mencari kopi di Solok Selatan untuk diekspor.

Sedangkan, untuk penilaian katanya, guna menjaga objektifitas ia bersama dua orang juri lainnya, tidak mengetahui sama sekali asal usul kopi yang dinilai.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Solok Akmal Hamdi menambahkan bahwa terdapat dua kategori lomba yang memperebutkan total hadiah senilai Rp24 juta yakni lomba uji cita rasa yang diikuti oleh delapan IKM di Kabupaten itu.

Kategori kedua yakni lomba seduh Vi Sixty (V60) diikuti 18 peserta, dimana 10 barista mewakili IKM Kopi Solok Selatan, dan delapan lainnya dari Kabupaten/Kota di Sumbar, yakni Padang, Payakumbuh, Bukittinggi, Solok, dan Agam, serta satu Barista dari provinsi tetangga yakni Pekanbaru, Riau. Hadir juga saat pemberian hadiah Festival Kopi kepada pemenang, Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda. (*/hend/rel)



 
Top