Sawahlunto,Lintas Media News
Kapolres Sawahlunto AKBP Purwanto Hari Subekti, S.Sos melakukan Kunjungan Kerja  dan bersilaturahmi dengan Pengurus Kerapatan Adat Nagari (KAN) Kubang Kecamatan Lembah Segar Kota Sawahlunto.

Sekretaris KAN Kubang Mulyadi mengucapkan selamat datang kepada Kapolres Sawahlunto beserta jajaran telah berkunjung dan bersilaturahmi dengan Jajaran Pengurus KAN Kubang di Kantor sekretariat KAN Kubang. 

“KAN dan seluruh masyarakat Kubang akan mendukung setiap langkah dan upaya Polres Sawahlunto  mewujudkan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif di Kota Sawahlunto," ujar Mulyadi saat memberikan sambutan dalam kegiatan Kunjungan Kerja Kapolres Sawahlunto, Kamis (10/11), di Kantor KAN Kubang Kelurahan Lubang Panjang Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto.

Kapolres Sawahlunto mengatakan, kunjungan jajaran Polres Sawahlunto ke Kantor KAN Kubang dalam rangka berkoordinasi guna mempererat hubungan tali persaudaraan antara Polri dengan unsur Niniak Mamak dan Pemuka Masyarakat yang ada di Kenagarian Kubang.

"Menjalin silaturahmi dan sinergitas antara tokoh adat dengan kepolisian sangat penting dalam menjaga situasi Kamtibmas yang aman, damai dan kondusif terutama untuk menangkal masuknya paham radikal dan ideologi yang bertentangan dengan Pancasila di Wilayah Hukum Polres Sawahlunto,” kata Purwanto Hari Subekti.

Kapolres Sawahlunto mengajak Niniak Mamak, Pemuda dan tokoh masyarakat dapat mencegah terjadinya konflik sosial ditengah masyarakat. Jika terjadi konflik diharapkan KAN sebagai lembaga peradilan adat dalam nagari dapat menyelesaikannya secara adat seperti; masalah sengketa sako, pusako, pelanggaran adat dan pelanggaran syarak.

“Kami mengajak tokoh adat, agama, pemuda serta masyarakat untuk berpartisipasi membantu tugas kepolisian khususnya Polres Sawahlunto dalam menciptakan keamanan, kenyamanan dan ketentraman dalam kehidupan bermasyarakat.  Allhamdulillah situasi Kamtibmas di Sawahlunto sampai saat ini aman dan kondusif,” pungkas Purwanto.

Buya Romi  Ketua Pemuda Nagari Kubang menyampaikan permohonan maaf kepada Kapolres dari Ketua KAN Kubang Afrizal Soeki Lenggang Sati tidak bisa hadir. Selanjutnya Pemuda Nagari Kubang akan bersinergi dengan Polres Sawahlunto guna terciptanya situasi Kamtibmas yang kondusif. 

"Saya mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas di Kota Sawahlunto kepada Kapolres Sawahlunto. Kami mengharapkan dibawah kepemimpinan Kapolres situasi Kamtibmas di Kota Sawahlunto tetap aman dan kondusif," harap Buya Romi.

Ikut mendampingi Kapolres, Kasat Intelkam Polres Sawahlunto IPTU Anthoni Dahlan, Kasat Binmas Polres Sawahlunto AKP Dani Salman, S.H., M.H., Kasi Humas Polres Sawahlunto IPTU Sudirman, Kapolsek Sawahlunto IPTU Marwan, Kapolsek Barangin IPDA Joni Indra, S.H., KBO Sat Lantas IPDA Wahyuli Amra, S.H. serta beberapa Personil Polres Sawahlunto. (Nova/rel polres)
 
Top