Sawahlunto,Lintas Media News.
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sawahlunto gelar sosialisasi dengan wartawan se-Kota Sawahlunto guna menghadapi verifikasi faktual partai politik (Parpol) peserta Pemilu 2024.


"Melalui media diharapkan masyarakat Sawahlunto mendapatkan informasi yang jelas tentang tahapan Pemilu tahun 2024 mendatang. KPU berharap rekan-rekan media selalu terdepan memberikan informasi kepada masyarakat sampai pelaksanaan Pemilu 14 Februari 2022,” kata Fadhlan Armey Ketua KPU Kota Sawahlunto, Senen (17/10), di GPK Hotel Khas Ombilin Sawahlunto.


Dijelaskannya, pada waktu verifikasi faktual yang akan dilaksanakan pada tanggal 18 Oktober hingga 4 November nanti, tim verifikasi KPU akan mendatangi partai politik secara langsung. Tim melakukan verifikasi faktual sesuai dengan PKPU 4/2022 yang menjadi landasan teknis pelaksanaan Pemilu 2022.


"Kita akan melakukan pemeriksaan atau verifikasi antara lain kartu tanda anggota partai yang akan kami sesuaikan dengan KTP dan juga kantor partai tersebut," ujarnya. 


Fadhlan berharap, parpol yang akan diverifikasi faktual nanti benar-benar mempersiapkan persyaratan-persyaratan sebagai upaya untuk menjadi peserta dan mensukseskan Pemilu 2024 nanti.  “Kami berharap parpol yang akan diverifikasi sudah menyiapkan semuanya,  semoga verifikasi faktual ini berjalan lancar tanpa ada kendala.”


Dari data KPU Kota Sawahlunto, ada sembilan partai yang tidak termasuk dalam verifikasi faktual karena sudah masuk dalam partai parlemen, yakni PDIP, Gerindra, Partai Golkar, PKB, NasDem, PKS, PAN, Demokrat, dan PPP.


Sementara partai yang akan diverifikasi faktual oleh KPU Kota Sawahlunto ada 8 parpol, yakni Partai Buruh, Partai Gelora, PSI, Partai Ummat, Partai Bulan Bintang, Perindo dan Partai Garuda. (Nova)
 
Top