PADANG PARIAMAN.Lintas Media News
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar asal pemilihan Padang Pariaman-Pariaman, Fraksi Demokrat, HM. Nurnas kembali membantu masyarakat, dengan melakukan penyerahan Alsintan di Pilubang Kataping, kabupaten Padang Pariaman, Sabtu (10/9/2022).

Adapun bantuan yang diserahkan berupa Handtraktor 20 Unit, Cultivator 19 unit  Pompa Air kecil 10 unit, diserahkan pada perwakilan 48 kelompok tani, diantaranya Keltan Rimbo Pulau Sepakat, Rimbo Mutuih, Pelita Gunung, Cahaya Baru, dan Lahan Buiah, dari kecamatan Lubuk Alung dan Batang Anai, dengan total anggaran Rp 2.262.000.000, (2 M lebih).

Pada kesempatan tersebut HM. Nurnas mengatakan, dengan kondisi inflasi Sumatera Barat hari ini, maka petani harus disuport secara total, guna menekan inflasi sehingga perekonomian kembali normal, dan tingkat inflasi Sumatera Barat kembali menurun.
Nurnas juga menekankan, pertanian merupakan program unggulan provinsi Sumatera Barat, jika pelaku pertanian tidak mendapat suport maka hasil pertanian akan menurun, target dan sasaran tidak akan tercapai, maka program unggulan hanya ada di atas kertas.

"Kita akan selalu konsisten membantu petani dan nelayan serta usaha lainnya, untuk peningkatan perekonomian masyarakat, dan mempertahankan sistem pertanian menuju swasembada pangan, karena pertanian merupakan salah satu program unggulan maka harus menjadi perhatian khusus," ucap Nurnas, ketika memberikan bantuan, Sabtu (10/9/2022).

Ia juga mengatakan, selain alat pertanian, yang tidak bisa diabaikan untuk mendukung peningkatan perekonomian, khususnya pertanian adalah infrastruktur, maka perlu diperhatikan juga ditingkatkan.

Mewakili kepala Dinas Perkebunan, tanaman pangan dan Holtikuktura, Kepala UPTD Balai Mekanisasi Sarana dan Parasarana Pertanian Dedek Sri Aulia, mengatakan alsintan merupakan percepatan olah tanah, untuk peningkatan intensitas tanaman, karena selama ini menyewa dan harus menunggu, sekarang sudah milik sendiri tentu lebih cepat.

Biaya produksi juga menjadi lebih rendah, dan diharapkan petani bisa merawatnya, serta memakai secara bergantian, sehingga mendapatkan hasil yang sama.

"Rawat alat ini dengan baik, jika ada kendala maka segera hubungi kami, dan pergunakanlah sebaik-baiknya, karena tidak mudah pak Nurnas memperjungkan ini," tutur Dedek.

Kegembiraan dan kebahagiaan kelompok tani penerima bantuan terlintas jelas dengan senyum ceria yang hadir, bahkan keluar celetukan berupa pujian terhadap HM. Nurnas.

Senyum tersebut juga tampak dari Iman Firdaus, ketua kelompok tani Karya Maju, yang mengatakan, kalau hanya Nurnas anggota DPRD Sumbar konsisten memberikan perhatian pada masyarakatnya.

"Sampai hari ini, baru pak Nurnas yang terus memperhatikan kami masyarakatnya, dengan memberikan berbagai bantuan, baik alat pertanian maupun lainnya," ungkap FIrdaus.

Pernyataan tersebut dipertegas ketua Keltan Tanjung Mekar Kasman B, dan Keltan Tani Saiyo Hasanuddin, dimana perjuangan Nurnas untuk konstituennya tidak pernah berhenti, bahkan sampai ke pengairan juga diperjuangkannya.

"Bukan cuma alsintan, sistem pengairan dan lainnya juga diperjuangkan pak Nurnas untuk kami masyarakatnya, moga beliau selalu sehat dan terpilih kembali sebagai wakil kami di DPRD Sumbar," tutur Hasanuddin sambil berdoa agar Nurnas tetap sehat.

Pernyataan kelompok tani dipertegas pula wali nagari Pungguang Kasiak, yang juga mewakili semua kelompok Tani Dodi Marten, mengatakan, berulang-ulang penyerahan bantuan di kecamatan Lubuk Alung dan Batang Anai, yang tercatat pemberinya HM. Nurnas.

"Menurut data masyarakat dan kelompok tani, yang berulang-ulang mengucurkan bantuan ke daerah kami adalah pak Nurnas, maka wajar kalau kami tetap berdoa untuk beliau," tutup Dodi.(**)
 
Top