Lintasmedianews.com,DHARMASRAYA – Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengukuhkan panitia penyelenggara Musabaqah Tilawatil Qur’an ke-XI tingkat Kabupaten Dharmasraya Tahun 2022. Acara ini berlangsung di Gedung Serba Guna Nagari Sopan Jaya Kecamatan Padang Laweh, Rabu, (14/09/22), dihadiri Sekda, Adlisman, Staf Ahli, Asisten, Ketua MUI, Camat dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya Bupati mengucapkan selamat bekerja kepada seluruh panitia yang telah dikukuhkan, dan bekerjalah sesuai dengan tugas yang telah diamanahkan. Inshaa Allah tugas suci ini apabila dikerjakan dengan penuh keikhlasan, integritas yang tinggi, apa yang kita cita-citakan bersama akan tercapai dan mendapat balasan yang setimpal dari Allah.

“Pelaksanaan MTQ XI sudah tertunda selama dua tahun akibat Pandemi Covid-19, dan Alhamdulillah sekarang sudah bisa kita laksanakan tergantung kepada kepiawaian panitia dalam menyukseskan MTQ XI. Rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 10 sampai 12 November 2022 yang akan datang,” kata Bupati.

MTQ adalah program nasional yang merupakan sebuah upaya nyata untuk menyiapkan generasi yang cinta Al-Qur’an dengan memperlombakan cara membaca, memahami, menghafal, menulis, bagaimana mengaplikasikan dan mengamalkan isi kandungan Al-Qur’an dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sehingga isi kandungan Al-Qir’an menjiwai dan menginspirasi setiap langkah masyarakat untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

“MTQ yang kita laksanakan, bukanlah sekedar hajatan formalitas atau mengejar prestasi dan gelar juara. Tetapi yang lebih penting adalah menjadi momentum untuk mensyiarkan Al-Qur’an di tengah masyarakat. Sehingga tercapainya tujuan mulia, semakin meningkat kecintaan anak-anak dan generasi muda Dharmasraya untuk mempelajari, menghayati dan mengamalkan isi kandungan Al-Qur’an,” harap Bupati.

Selain itu, Musabaqah Tilawatil Qur’an tingkat kabupaten merupakan wadah untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas MTQ untuk tingkat provinsi, nasional dan MTQ tingkat internasional. “Kalau selama ini putera puteri terbaik Dharmasraya baru bisa berkaprah pada MTQ nasional, kita berharap kedepan ada putera puteri Dharmasraya mewakili Indonesia pada MTQ tingkat Internasional. Kami yakin dan optimis suatu saat harapan kita ini akan terwujud, tentu berkat kerjasama berbagai pihak dalam membina qori dan qoriah, hafizh hafizhah termasuk dukungan kita yang hadir pada saat ini,” harap Bupati lagi.

Bupati juga mengharapkan momentum MTQ di Kecamatan Padang Laweh sebagai tuan rumah dapat terlaksana dengan baik dan sukses. Setidaknya tercapai Tri Sukses yakni, sukses penyelenggaraan, sukses prestasi dan sukses pertanggung-jawaban. Kiranya, Kecamatan Padang Laweh sebagai tuan rumah MTQ ke-11 mampu merangkul semua potensi untuk menyiapkan sarana dan prasarana dalam menyamu kedatangan para tamu, kafilah MTQ dari seluruh kecamatan yang ada di Dharmasraya. Tentu sesuai dengan regulasi dan ketentuan yang ada dan tidak melanggar aturan.(elda)
 
Top