Padang, Lintas Media News

Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTsS) Lubuk Kilangan (Luki) yang merupakan sekolah binaan PT Semen Padang, berhasil mengukir berbagai prestasi yang membanggakan,  di tingkat lokal (Kota Padang, Sumbar) dan tingkat nasional.

Di antara prestasi yang menonjol adalah, Medali Emas/Juara 1 Kelas A Putri di Kejuaraan Nasional Pencak Silat 'Padang Open Competition' atas nama Nathivi Annisa Saidina Kelas IX Mantap. Kemudian juara 1 Olimpiade Bahasa Arab (OBA) Tingkat Kota Padang dengan nama siswa, Prajna Paramita IX Sadar. Atas prestasi ini, Prajna akan mewakili Kota Padang pada 3 September mendatang menuju kejuaraan Provinsi.

Selain itu, juara 3 Kompetensi Sains Madrasah (KSM) atas nama Putri Zalianti Pratiwi Kelas VIII Sadar yang juga akan ikut berlaga di tingkat provinsi dalam waktu dekat.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan MTsS Luki, Busra mengatakan, prestasi yang dihasilkan oleh siswa tak terlepas dari upaya guru dan siswa dalam mempersiapkan diri, dan dukungan berbagai pihak.

"Berbagai upaya yang dilakukan oleh guru dan pembina untuk mempersiapkan anak- anak kita dalam mengikuti berbagai perlombaan. Mulai dari pengelompokan minat dan bakat siswa hingga memberikan waktu tambahan untuk anak menguasai bidang yang akan dilombakan," katanya saat dihubungi via pesan pendek, Senin, 22 Agustus 2022.

Ia mengatakan, beberapa orang guru membuka kesempatan kepada siswa untuk latihan dan belajar tambahan dirumah guru pada waktu libur. "Sehingga ini memperkuat persiapan siswa kita dalam mengikuti perlombaan," jelasnya.

Busra berharap dengan prestasi yang telah diraih anak didiknya, semakin membuat mereka giat belajar. "Semoga anak didik kami semakin giat belajar dan mengingat masa depan yang masih panjang. Perjuangan ini belum berakhir dan masih panjang," jelasnya.

Selain tiga prestasi di atas, prestasi lain yang telah dicetak oleh sekolah ini di antaranya:

1. Juara 2 Smadap Competition Cabang Pidato Agama oleh Rahmat Jumaidil pada 4 Maret 2022 tingkat Kota Padang

2. Juara 2 Cabang Puisi oleh Hafidzah Az-zakiah pada 4 Maret 2022 tingkat Kota Padang

3. Juara 3 tingkat nasional pada ajang Robotik Competition dan Continous MAN 1 Bukittinggi, cabang MSQ oleh Denia Gerlin Salsabila Putri Hafidzah Az-zakiyah pada 9-10 Maret

4. Juara 2 Gebyar Ramadhan Kwarcab Kota Padang cabang MFQ oleh Rahmat Jumaidil Olivia Putri H dan Indah Sudesti

5. Juara 1 tingkat nasional Kejuaraan Tangan Mas open Championship Kelas Laga Putra oleh Muhammad Zaki Ramadhan pada 29 Mei 2022

6. Juara 1 tingkat nasional Kejuaraan Tangan Mas open Championship Kelas Laga Putri oleh Aliya Rahayu Pratiwi pada 29 Mai 2022

7. Juara 2 tingkat nasional Kejuaraan Tangan Mas open Championship Kelas Seni Putri oleh Aliya Rahayu Pratiwi

Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati mengaku bangga dengan berbagai prestasi yang berhasil  MTsS Luki, karena capaian tersebut sesuai harapan PT Semen Padang dalam mengembangkan program pendidikan untuk masyarakat ring 1 perusahaan.

“Selamat untuk semua siswa/wi MTsS Luki  yang telah mengukir prestasi dan mengharumkan sekolahnya  di Kota Padang, Sumbar dan tingkat nasional. Semoga capaian ini bisa dipertahankan dan ditingkatkan di masa-masa mendatang," kata Nur Anita. 

MTsS Luki berada di bawah naungan Yayasan Perguruan Islam Lubuk Kilangan pada  2017. Semua operasional sekolah dibantu penuh oleh UPZ Baznas dan juga bantuan dari CSR PT Semen Padang.

MTsS Luki  diutamakan buat anak-anak yang kurang mampu dan berprestasi yang ada di Luki, walau pun pada saat ini ada 2 kelas yang di buka untuk jalur mandiri, karena  banyaknya peminat yang mendaftar di MTsS Luki. (*/b/hms)

 
Top