Padang,Lintas Media News.
Ketua Majelis Pertimbangan Adat (MPA) KAN Pauh IX Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH. MM mengatakan peran Bundo Kanduang dalam pembangunan di Nagari mempunyai tempat tersendiri. 

Sebagai limpapeh rumah nan gadang Bundo Kanduang mempunyai peran dalam menegakkan dan melestarikan tradisi adat dan budaya sesuai dengan kearifan lokal yang dimiliki.

" Bundo Kanduang dalam nagari mempunyai peran tersendiri.  Sebagai limpapeh rumah nan gadang bundo kanduang berperan dalam melestarikan adat dan budaya sesuai dengan kearifan lokal yang ada di masing-masing daerah."

Hal itu dikatakan Irwan Basir saat melepas rombongan Bundo Kanduang Kecamatan Kuranji melakukan Study Banding ke daerah Kabupaten Agam pada Minggu, 14/8/2022
Lebih lanjut di katakan, di dalam keluarga peran bundo kanduang selaku ibu yang mendidik anaknya lebih dominan daripada seorang bapak. Apalagi Minang Kabau terkenal dengan matrilinealnya yang mana keturunan diambil dari garis keturunan ibu.

Untuk itu peran bundo kanduang dalam  mendidik anak-anaknya untuk menjadi generasi yang maju dan berkualitas sangat lah menentukan. Jika semua bundo kanduang menjalankan perannya dalam pendidikan anak-anak mereka, maka kenakalan remaja seperti tawuran dan narkoba akan bisa teratasibfan dikurangi.

" Bundo kanduang perannya lebih dominan dalam mendidik anak karena kita di Minang Kabau keturunan diambil dari garis keturunan ibu atau matrilineal. Anak lebih dekat dengan ibunya daripada bapaknya. Jika seluruh Bundo Kanduang menjalankan perannya mendidik anak-anak mereka, niscaya segala kenakalan remaja baik itu tawuran atau narkoba akan bisa teratasi dan dapat dikurangi," kata Irwan Basir yang juga Ketua DPD LPM Kota Padang ini.

Terakhir, Penghulu suku Jambak nan Batujuah Nagari Pauh IX ini mengucapkan selamat melakukan studi banding ke daerah lain semoga ada yang dapat diserap dan dicontoh untuk bisa diterapkan di tempat kita. 

" Selamat melakukan studi banding, semoga dari perjalanannya ada yang diserap dan bisa dijadikan contoh untuk diterapkan di daerah kita. Jaga kekompakkan selama dalam perjalanan, semoga dilancarkan perjalanannya kembali dengan selamat sampai ke keluarga masing-masing," ujar Irwan Basir. (rls)
 
Top