Padang.Lintas Media News.
Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH. MM, mengatakan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) adalah organisasi sosial  yang bekerja untuk membantu  masyarakat dalam menjembatani kepentingan masyarakat dengan pihak pemerintahan kelurahan. 

Hal itu dikatakan oleh Irwan Basir saat memberikan sambutan pada acara pemilihan Ketua LPM Kelurahan Korong Gadang Kecamatan Kuranji Kota Padang yang baru pada Sabtu 6/8/2022 bertempat di Masjid Jihad Komplek Taruko kelurahan Korong Gadang

Selanjutnya Irwan Basir juga mengatakan, fungsi dari LPM juga berperan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan. LPM harus bisa bersinergi dengan pemerintahan kelurahan yang merupakan mitra kerja dari organisasi LPM tersebut.
"Fungsi LPM itu adalah berperan meningkatkan partisipasi masyarakat di kelurahannya terutama dalam pembangunan. Ketua LPM harus seirama dan bersinergi dengan pemerintahan kelurahan yang merupakan mitra kerja mereka" ujar Irwan Basir.

Disamping itu juga disampaikan, untuk menumbuhkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan itu tidaklah mudah. Dibutuhkan seorang figur dari ketua LPM yang komunikatif dalam bergaul dengan masyarakatnya. 

"Seorang ketua LPM itu haruslah seorang figur yang bisa dipercaya masyarakatnya. Soalnya menimbulkan partisipasi dan swadaya masyarakat itu tidaklah mudah. Jika komunikasi ketuanya lancar dan aktif dengan masyarakatnya, tentu dia tidak kesulitan dalam berdialog dan mengajak masyarakat untuk terlibat dalam pembangunan," ungkap pria yang juga ketua Dekopinda Kota Padang ini.

Terakhir Irwan Basir mengucapkan selamat bermusyawarah semoga terpilih ketua LPM yang baru yang dapat bersinergi dengan pihak pemerintahan kelurahan dan mampu bekerjasama dengan seluruh organisasi yang ada di tingkat kelurahan agar dapat memajukan pembangunan di Kelurahan Korong Gadang nantinya.

Berdasarkan hasil pemilihan, dari 4 kandidat yang mencalonkan,  Alizar unggul dengan raihan suara sebanyak 47 suara menyisihkan tiga kandidat lainnya, Dr. H. Syaiful Anwar, SE.MSi 10 suara, Drs Amsir MPd 9 suara dan Iwan SPd 5 suara. 

Ketua Panitia Pemilihan Eko Muhardi mengatakan, pemilihan Ketua LPM yang baru ini adalah untuk mengganti ketua yang lama yaitu Alm. Bapak Zul Akhiyar yang meninggal beberapa minggu yang lalu.

Eko yang juga Ketua RW 06 Taratak Paneh ini merasa bersyukur karena sudah dapat menggelar suksesi pemilihan Ketua LPM yang diikuti 72 peserta pemilik hak suara dengan baik. Dan ini tak terlepas dari kerjasama yang aktif seluruh panitia dan dukungan penuh dari Lurah Korong Gadang Kasma Efendi, S.Sos beserta aparatnya. (rls)
 
Top