PAYAKUMBUH,Lintas Media News.
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar Supardi dengan tegas mengatakan, kejahatan tidak akan pernah berkurang jika orang tua masih belum bisa mendekati dan merangkul anak-anaknya, sehingga mereka akan mencari jalan sendiri untuk mendapat perhatian.

Hal tersebut disampaikan Supardi dalam acara penyuluhan keliling yang diadakan Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat, Minggu (30/5/2022), di Koto Panjang, Lamposi Tiga Nagari Payakumbuh.

Acara penyuluhan juga menghadirkan pembicara Kasat Binmas Polres Payakumbuh AKP. Yuneldi Chair, kepala dinas sosial Payakumbuh, dan Beni perangkat RW setempat.

Acara yang dihadiri ratusan peserta dari nagari tersebut, membahasa tentang penekanan kenakalan remaja, dan solusi untuk mengantisipasinya.
Pada kesempatan tersebut ketua DPRD Sumbar Supardi membeberkan pengalamannya masa sebelum menjadi anggota DPRD, dimana ia pernah melakukan pendekatan pada remaja yang mangkal di pasar Payakumbuh, dengan melakukan pendekatan dan menanya keinginan mereka.

Pada waktu itu, remaja yang selama ini nongkrong dan melakukan tindak kriminal di lokasi pasar meminta agar mereka bisa dibelikan alat musik untuk ngamen, serta menyalurkan hobby mendaki, maka Supardi mengabulkan permintaan tersebut.

Ketika mereka mendapatkan alat musik, dari pagi sudah melakukan aktifitas mengamen, sehingga malam sudah letih, dan akhirnya tertidur, sehingga tidak ada keinginan untuk melakukan pencurian dan sebagainya.

Demikian juga dengan aktifitas mendaki, ketika mereka biasa mabuk dan narkoba, ketika terasa letih, mereka akan buat perjanjian untuk tidak lagi melakukan itu, guna menjalankan hobby mendaki.

"Intinya, dekati anak-anak kita, tanyakan apa yang mereka inginkan, selagi positif mari kita dukung, sehingga mereka merasa  diperhatikan dengan demikian anak-anak akan menjalankan aktifitas positif, dan menghilangkan fikiran negatif," papar Supardi.

Ditambahkannya, Supardi juga tidak merasa malu merangkul anak-anak punk, dan bertanya apa keinginan mereka, dengan kompensasi bersih-bersih tubuh mereka, agar rapi dan tidak berbau.

"Saya yakin, dengan pendekatan pada anak-anak, dan melakukan pendekatan, semua akan berjalan baik, jangan pernah mengabaikan mereka, karena mereka akan cari perhatian dengan melakukan kenakalan atau kejahatan," tutup Supardi.(rls/St)
 
Top