Lintasmedianews.com,Serdang Bedagai - Ketua Umum APKASI Sutan Riska  Tuanku Kerajaan, menghadiri Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) se-Sumatera Utara, bertempat di Aula Kantor Bupati Serdang Bedagai enam hari yang lalu , Kamis (19/5/2022). 

Rakorwil tersebut dihadiri oleh Asisten I Provinsi Sumatera Utara, Koordinator Umum APKASI, Koordinator Wilayah (Korwil) Sumatera Utara Dewan Pengurus APKASI H. Darma Wijaya , Kepala Daerah se-Sumatera Utara dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan yang juga merupakan Bupati Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat mengatakan, bahwa APKASI akan mendorong dan memfasilitasi dalam meningkatkan pembangunan Daerah .

" selanjutnya, setiap daerah akan lebih fokus dalam mengembangkan produk unggulan di daerahnya masing-masing, sehingga bisa saling mendukung, saling mengisi dan melengkapi satu sama lain" ucap Sutan Riska

Ketua APKASI ini juga mengatakan, APKASI sebagai organisasi Pemerintah Daerah, dapat menjadi mitra strategis Pemerintah maupun Lembaga lain dalam memperjuangkan kepentingan dan aspirasi Daerah.

"Sebagai wadah Pemerintah Daerah, APKASI memiliki tugas-tugas penting yang bertujuan meningkatkan peran otonomi Daerah di tingkat Kabupaten berjalan baik, memiliki semangat kuat dalam membangun daerahnya dan sebagai mitra strategis antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah. Jadi sudah semestinya Pemerintah Kabupaten Asahan yang memiliki visi dan misi mewujudkan Asahan Sejahtera yang Religius dan Berkarter mendukung penuh program APKASI ini," ungkap Sutan Riska

Ditempat yang sama, Gubernur Sumatera Utara yang diwakili oleh Asisten I Provsu, Drs. H.Mhd. Fitriyus, SH, MSP mengapresiasi Kepala Daerah yang selama ini telah berjuang membantu Pemerintah menanggulangi pandemi Covid-19, dirinya juga mengajak untuk berdoa, semoga pandemi ini segera hilang agar kita dapat beraktivitas seperti biasa.

Fitriyus juga mengatakan, tujuan dari APKASI ini sangat baik, dapat membuat pembangunan antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah dan menjadi wadah, untuk Daerah.

Menurut bicaranya, Fitriyus berharap, apa yang menjadi pembahasan dalam Rakorwil itu dapat diwujudkan di wilayah masing-masing, sehingga kita dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat di Sumatera Utara.

Sementara itu Korwil Sumatera Utara Dewan Pengurus APKASI, H. Darma Wijaya pada bicaranya berharap, agar kita dapat mengemban amanah APKASI sesuai dengan visi yaitu, "membangun sinergi kerja antar Pemerintah Kabupaten dengan Pemerintah Pusat dan Provinsi dengan semangat keragaman budaya, dalam rangka pemulihan pemulihan ekonomi pada masa serta pasca pandemi".

Selanjutnya Darma Wijaya yang juga merupakan Bupati Serdang Bedagai mengajak, untuk membangun sinergi tata kelola Pemerintah Pusat dan Kabupaten, menyelaraskan pembangunan infrastruktur, memperkuat hubungan perdagangan, budaya serta membangun ekonomi, pemulihan ekonomi Nasional akibat Covid-19 , memperkuat kolaborasi antar Daerah serta meningkatkan solidaritas antar Daerah dalam penanggulangan bencana alam juga non alam yang menimpa Kabupaten, Provinsi dan Nasional sesuai dengan program kerja APKASI.

Saat ini Kabupaten Serdang Bedagai sedang berupaya, guna memperkuat kerjasama dengan melakukan kunjungan ke sejumlah Kabupaten di Sumatera Utara. Dalam setiap kunjungan tersebut dilakukan koordinasi dan komunikasi, untuk menjalin kerjasama antar Daerah dan Alhamdulillah pada hari ini kita melakukan MoU secara serentak. Harap segera ditindaklanjuti dengan perjanjian kerjasama antara lain pengembangan industri pariwisata, ketahanan, pertanian serta melalui investasi penggemukan sapi, pemanfaatan limbah ubi kayu dan limbah sawit.

Kegiatan tersebut dirangkai dengan penandatangan MoU antara Kepala Daerah se-Provinsi dalam peningkatan pembangunan Daerah se-Sumatera Utara.(elda)
 
Top