Padang.Lintas Media News.
Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Edi Mardianto, S.Ik. M.Si membuka rakernis fungsi Sumber Daya Manusia (SDM) sejajaran Polda Sumbar, Selasa (12/4) di ruang Jenderal Hoegeng Mapolda Sumbar. 

Mewakili Kapolda Sumbar, Brigjen Pol Edi menyampaikan bahwa program pembangunan SDM Unggul merupakan tindak lanjut dari arah kebijakan pemerintah saat ini yang berfokus pada Pembangunan Sumber Daya Manusia, yaitu menuju SDM Unggul Indonesia Maju.
Dikatakannya, pembangunan sumber daya manusia menjadi program unggulan Presiden RI Joko Widodo sebagaimana amanat beliau pada saat pelantikan presiden di gedung MPR-RI. Yaitu Presiden akan membangun SDM yang terampil, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

Lanjutnya, pembangunan SDM unggul sejalan juga dengan program prioritas dari Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si  yaitu mewujudkan SDM Unggul, Meliputi:
1. Peningkatan kuantitas dan kualitas SDM
2. Pengelolaan SDM Unggul yang humanis
3. Perluasan kerja sama pendidikan di dalam dan luar negeri
4. Peningkatan sistem manajemen karier berbasis kinerja
5. Peningkatan kesejahteraan pegawai Polri

"Pembenahan sistem sumber daya manusia yang unggul dimulai dari penilaian 13 komponen," ucap Wakapolda Sumbar saat membacakan amanat Kapolda. 

Ia menyebut, anggota yang masuk kategori unggul tersebut diharapkan bisa memberikan teladan dan pengaruh positif bagi anggota yang lain, akan tercipta kultur persaingan yang sehat bukan saling menjatuhkan. 

"Selain SDM yang unggul, tentunya Polri memerlukan SDM yang berkarakter atau memiliki kultur baik. Kultur Polri yang baik akan mewujudkan Polri yang dekat dan di cintai masyarakat," sebutnya. 

Guna memaksimalkan pencapaian maksud dan tujuan Rakernis SDM ini, lanjut Brigjen Pol Edi, ada beberapa hal yang disampaikannya untuk dipedomani dan dilaksanakan oleh para peserta Rakernis SDM sejajaran Polda Sumbar, yakni sebagai berikut:

1. Kalau kita merekrut orang baik, maka ke depan Polri akan menjadi lebih baik, dan begitu sebaliknya;
2. Laksanakan kebijakan tata kelola SDM aparatur yang lebih transparan & akuntabel dgn memperhatikan kompetensi, rekam jejak & penilaian kinerja (SMK) yag obyektif.
3. Minimalisir segala bentuk penyimpangan & stress anggota dengan mengimplementasikan revitalisasi sistem Binrohtal & Psikologi serta peningkatan kesejahteraan anggota Polri.

Dalam rakernis tersebut, dihadiri oleh Karo SDM Polda Sumbar Kombes Pol Defrian Donimando, S.Ik, para Kabag pada Biro SDM Polda Sumbar, dan para Kabag SDM Polres sejajaran Polda Sumbar. Selain itu, kegiatan ini juga diikuti oleh Wakapolres sejajaran Polda melalui video conference.(*)
 
Top