Tim Tok Tok Tok Buka Bersama dari PT Semen Padang menyerahkan bantuan nasi bungkus kepada warga Batang Kajai Kampung Nelayan, Kelurahan Gates Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang, Kamis (4/42022). (foto:hms.ptsp)

Padang, Lintas Media News

Program Tok Tok Tok Buka Puasa Bersama PT Semen Padang pekan kedua bulan Ramadan hadir di Batang Kajai Kampung Nelayan, Kelurahan Gates Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang, Kamis (4/42022). 

Di sana, sebanyak 100 kotak nasi bungkus dibagikan PT Semen Padang kepada 33 kepala keluarga (KK) kurang mampu. Bekerja sama dengan komunitas Berbagi Nasi Padang, pembagian nasi bungkus itu dilakukan secara door to door ke rumah-rumah warga.

Usai membagikan 100 kotak nasi bungkus, kegiatan Tok Tok Tok Buka Puasa itu dilanjutkan dengan buka puasa bersama yang diikuti puluhan anak-anak kurang mampu di Kampung Nelayan yang digelar di salah satu Pos Yandu Gates Nan XX.

Kegiatan berbuka puasa bersama anak-anak Kampung Nelayan itu, diawali dengan edukasi berupa cerita-cerita tentang Nabi dan Rasul. Kegiatan edukasi itu pun juga dimeriahkan dengan pembagian hadiah doorprize dari PT Semen Padang.

Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang, Nur Anita Rahmawati mengatakan, program Tok Tok Tok Buka Puasa Bersama PT Semen Padang pekan kedua yang digelar PT Semen Padang ini disambut antusias masyarakat Kampung Nelayan. 

"Masyarakat Kampung Nelayan tampak bahagia menerima bantuan nasi kotak dari PT Semen Padang. Dan kami juga ikut bahagia, karena program ini tujuannya untuk saling berbagi kebahagian dengan mereka yang kekurangan di bulan Ramadan," kata Anita. 

Kegiatan Tok-tok Buka Puasa Bersama PT Semen Padang ini, kata Anita, digelar setiap minggu pada bulan Ramadan. Untuk menentukan lokasinya, PT Semen Padang bekerja sama dengan komunitas Berbagi Nasi Padang.

"Terima kasih volunteer Berbagi Nasi Padang yang telah membantu kami dalam menjalankan program Tok Tok Tok Buka Puasa Bersama ini. Semoga hal-hal kecil yang kami lakukan ini bermanfaat dan berkah bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan," ujarnya. 

Volunteer komunitas Berbagi Nasi Padang, Prayuda Dewantara Asri mengatakan, Kampung Nelayan, Gates Nan XX ini dipilih sebagai lokasi Tok Tok Tok Buka Puasa Bersama PT Semen Padang, karena kawasan tersebut didomonasi masyarakat kurang mampu. 

"Masyarakat di sini pada umumnya nelayan dan kebanyakan keluarga kurang mampu. Karena ada program Tok Tok Tok Buka Puasa Bersama dari PT Semen Padang ini, makanya daerah ini jadi prioritas bagi kami," kata Prayuda.  

Volunteer yang akrab disapa Yuda itu pun mengapresiasi PT Semen Padang yang telah berpartisipasi membantu masyarakat kurang mampu dalam kegiatan Tok Tok Tok Buka Puasa Bersama tersebut. Ia berharap, kegiatan ini dapat digelar rutin setiap Ramadan.

"Kalau bisa kegiatan ini dijadikan agenda rutin PT Semen Padang pada bulan suci Ramadan. Kami dari komunitas Berbagi Nasi Padang, siap untuk selalu berkalaborasi dengan PT Semen Padang, karena kami punya tujuan untuk saling berbagi," ujarnya. 

Salah seorang warga Kampung Nelayan bernama Yeni Elfira, mengaku senang mendapatkan nasi bungkus dari PT Semen Padang. "Alhamdulillah, saya senang sekali dapat nasi bungkus ini. Insya Allah berkah buat saya dan keluarga," kata wanita 39 tahun tersebut. 

Program Tok Tok Tok Buka Puasa Bersama PT Semen Padang bersama masyarakat kurang mampu itu digelar di empat lokasi di Kota Padang selama bulan Ramadan tahun ini. Pada Jumat (8/4/2022) lalu,  program Tok Tok Tok Buka Puasa digelar di Koto Tingga Dalam, Kelurahan Pasar Ambacang, Kecamatan Kuranji. Di sana, sebanyak 100 nasi bungkus dibagikan kepada masyarakat kurang mampu, termasuk anak yatim dan janda. (*/b/hms)

 
Top