Direktur Utama PT Semen Padang Asri Mukhtar (dua dari kiri), Direktur Operasi, Indrieffouny Indra (tiga dari kiri),  Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Padang Dian Fakri (empat dari kiri) serta Faisal Arif (paling kiri), tampak kompak pada acara Kongres  VII SPSP  di Bukittinggi, Rabu (30/3/2022). Pada kongres itu Faisal Arif ditetapkan sebagai Ketua Umum SPSP periode 2022-2025. (foto:hms.ptsp)


Bukittinggi, Lintas Media News

Manajemen PT Semen Padang dan Serikat Pekerja Semen Padang (SPSP) akan terus berkolaborasi dan bersinergi dalam upaya peningkatan nilai perusahaan dan kesejahteraan karyawan, sehingga dibutuhkan inovasi-inovasi yang dapat meningkatkan produktivitas dan efisensi.

Hal itu disampaikan Direktur Utama PT Semen Padang Asri Mukhtar pada Kongres  VII SPSP  di Bukittinggi Senin (28/3/2022) - Rabu (30/3/2022). Pada kongres itu Faisal ditetapkan sebagai Ketua Umum SPSP periode 2022-2025.

"Selamat kepada Faisal sebagai Ketua Umum SPSP terpilih, selamat menjalankan tugas," kata Asri pada acara yang juga dihadiri Direktur Operasi PT Semen Padang Indrieffouny Indra, dan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Padang Dian Fakri. 

Orang nomor satu di lingkungan PT Semen Padang itu berharap agar SPSP menjadi mitra kerja dalam memajukan perusahaan. Karena, SPSP mempunyai visi menjadi mitra yang dapat diandalkan bagi perusahaan. 

Manajemen, sebut Asri, juga mengapresiasi kerja keras dan kesungguhan seluruh insan PT Semen Padang dalam pencapaian kinerja. Karena, di balik pencapaian kinerja tersebut, ada berbagai tantangan persaingan di industri semen yang semakin kompetitif yang harus dihadapi.

"Oleh karena itu, marilah kita bergandengan tangan, merapatkan barisan untuk menghadapi tantangan tersebut. Mari fokus untuk tetap kompak dan

bersinergi demi tercapainya tujuan kita bersama, untuk perusahaan maju bertumbuh karyawan sejahtera," ungkap Asri.

Kepada insan PT Semen Padang, Asri berpesan untuk tetap profesional serta mau belajar terus untuk pengembangan diri. "Jadilah role model,

baik di lingkungan kerja dan masyarakat. Karena, rekan-rekan serikat pekerja mencerminkan image perusahaan kita," katanya.

Asri juga berharap agar SPSP dalam menjalankan tanggung jawabnya kepada perusahaan dengan mengedepankan operational ekselen, safety, menjaga kebersihan lingkungan kerja, dan tetap melakukan efisiensi untuk generasi selanjutnya.

"Jika tidak efisien, maka kita mengambil hak orang lain, karyawan lain, pemegang saham dan masyarakat. Jadikan efisiensi sebagai keunggulan, dan jadikan keborosan sebagai musuh bersama," ujarnya.

Sementara itu, Faisal Arif bertekad akan senantiasa amanah dalam menjalankan jabatan dan ia minta dukungan segenap pihak agar bisa merampungkan tugasnya.

Ia membawa visi menjadi serikat pekerja yang independen dan solid menuju perusahaan yang maju. "Terimakasih atas segala kepercayaan, semoga saya bisa amanah dalam menjalankannya," ungkapnya. 


Calon Tunggal

Panitia Kongres VIII Waldefri menyebutkan, kongres ini merupakan rangkaian dari kegiatan panjang yang dimulai dari pra kongres menyangkut proses pergantian pengurus komisariat unit kerja. Sebanyak 44 mandat suara mengikuti kongres ini dan didapat 3 kandidat calon ketua. Namun, pada perkembangannya, hanya ada satu calon tunggal yakni Faisal Arif, sehingga ia terpilih secara aklamasi.

Kongres SPSP itu turut dihadiri sejumlah staf pimpinan di lingkungan PT Semen Padang, di antaranya, Kepala Unit Humas & Kesekretariatan, Nur Anita Rahmawati, perwakilan Federasi Serikat Pekerja Industri Semen Indonesia (FSP-ISSI), serta mitra kerja PT Semen Padang.


Profil Faisal Arif

Faisal Arif lahir di Tangerang pada 1984 silam. Ia bergabung dengan PT Semen Padang pada tahun 2008 lewat jalur Manajemen Trainee (MT) usai tamat dari Teknik Mesin Universitas Indonesia. Di SPSP, Faisal pernah menjabat sebagai Ketua I Bidang Ketenagakerjaan periode 2018-2020, dan Ketua Umum SPSP Pengganti Antar Waktu (PAW) untuk periode 2020-2022, menggantikan Win Bernadino yang pindah tugas ke PT Semen Bangun Andalas (SBA), Aceh. Sedangkan di level nasional, Faisal menjabat sebagai Ketua Umum FSP-ISSI periode 2021-2025. (*/b/hms)

 
Top