DHARMASRAYA Lintas Media News.com,
Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan yang diwakili oleh Sekda Dharmasraya, Adlisman membuka Pencanangan Bulan Bhakti Dasawisma (BBD) dan Bulan Bhakti Gotong Royong (BBGRM) tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2022 di Kabupaten Dharmasraya. Acara ini dihadiri oleh seluruh kabupaten kota se-Sumatera Barat, yang digelar di Embung Rawang Tinjau Kenagarian Sitiung Kecamatan Sitiung, Rabu (9/03/22).

Dalam sambutannya Sekda menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran TP PKK Kabupaten Dharmasraya dan OPD karena telah mempersiapkan acara ini dengan semaksimal mungkin. Kegiatan ini terlaksana merupakan kerja sama dan koordinasi serta komunikasi yang baik dari seluruh unsur-unsur terkait. “Dan semoga acara ini dapat memberikan kesan yang baik dan menyenangkan bagi seluruh tamu dari kabupaten kota se-Sumatera Barat,” harap Sekda.
Kata Sekda, dasawisma sebagai salah satu wadah kegiatan masyarakat memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam melaksanakan dan mensukseskan 10 program pokok PKK yang pada akhirnya akan berpengaruh pada pencapaian program PKK. Karena dasawisma merupakan ujung tombak keberhasilan program PKK. Dimana PKK merupakan organisasi super body dan apa saja, karena hampir semua urusan dalam kehidupan sehari-hari masuk dalam program kerja PKK. Mulai dari urusan rumah perkarangan, keturunan, keseharan, lingkungan hidup sampai pada peran para kader PKK dalam pencegahan Covid-19 dan pencapaian vaksinasi. Keberadaannya benar-benar terasa sebagai mitra dari pemerintah daerah.

Keberadaan dan fungsi kelompok dasawisma dan kader PKK sangatlah strategis dalam upaya pemberdayaan masyarakat, yang dimulai dari pemberdayaan masyarakat dan akhirnya akan menciptakan kontribusi. Baik langsung maupun tidak langsung dalam pelaksanaan pembangunan yang berkelanjutan. 

“Khusus untuk kami di Kabupaten Dharmasraya pembangunan saat ini menitikberatkan pada keterlibatan masyarakat dalam proses perencanaan pelaksanaan dan pengawasan pembangunan itu sendiri. Dan dengan adanya dana desa juga memberikan peluang yang besar bagi kita semua, termasuk program pokok PKK. Dimana sesuai dengan program prioritas dana desa yakni pemberdayaan masyarakat, maka PKK melalui kelompok dasawisma juga dapat berbuat lebih dengan menghadirkan kegiatan-kegiatan yang produktif dan inovatif dalam rangka mendorong pemberdayaan keluarga,” tegasnya lagi. 

Pemerintah daerah juga telah memberikan baju kerja lapangan bagi 2.783 ketua kelompok dasawisma dan secara rutin telah memberikan dana insentif bagi seluruh ketua kelompok dasawisma se-Kabupaten Dharmasraya setiap bulannya, dan sudah berjalan lebih kurang lima tahun belakangan ini.

Pemkab juga sangat mengapresiasi TP PKK di setiap jenjang, mulai dari nagari hingga kabupaten khususnya kelompok kelompok dasawisma yang merupakan ujung tombak PKK, yang telah melakukan berbagai kegiatan dan mendukung program pemerintah dalam mensehajterakan masyarakat. “Mari kita terus apresiasi kinerja program-program PKK dalam mendukung program pemerintah, meskipun banyak kegiatan yang dilakukan kader PKK dan dasawisma. Namun saya yakin kerja utama dalam mengurus rumah tangga tetap dilakukan dengan baik oleh para kader dasawisma, karena tugas rumah tangga adalah hal yang utama,” ungkapnya. 

Sekda juga berharap kegiatan ini dapat menjadikan momentum yang memiliki makna dan peran strategis khususnya dalam menjadikan keluarga-keluarga sejahtera. Sebagai unit terkecil dari masyarakat, tempat dimulainya revolusi mental karena keluarga merupakan wahana utama dalam membentuk generasi muda penerus bangsa yang berkarakter. Dan dengan semangat yang sama hendaknya dapat kembali membudayakan gotong-royong di tengah-tengah masyarakat.

“Saya berharap melalui 10 program PKK seluruh pengurus tim pengerak PKK dan juga para kader dasawisma terus berkontribusi positif, untuk mampu mempercepat terwujudnya keluarga-keluarga yang berkarakter dan bahagia. Menjadikan keluarga pelopor perubahan sebagai salah satu sumbangsih dalam mewujudkan Indonesia sejahtera dan seluruh stakeholder harus saling bersinergi. Terus berikan kontribusi yang nyata melalui program PKK, lebih focus kepada kegiatan yang bersifat implementasi. Dengan demikian selain kegiatan dasawisma dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, hasilnya juga akan dapat meningkatkan capaian 10 program pokok PKK,” harap Sekda.

Sedangkan menurut Ketua TP PKK Kabupaten Dharmasraya, Dewi Sutan Riska mengungkapkan tema yang diangkat saat ini adalah kita sinergikan 50 tahun gerakan PKK dengan pemerintah berbakti untuk bangsa berbagi untuk sesama.  “Terima kasih kepada seluruh instansi terkait yang telah membantu terlaksananya dengan baik pelaksanaan ini. Dan semoga pelaksanaan ini dapat berjalan dengan lancar dan,” ucap Ketua TP PKK Kabupaten Dharmasraya.

Sementara itu menurut Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi mengungkapkan atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, Gubernur sangat mengapresiasikan kepada seluruh tim penggerak PKK yang telah melakukan terobosan –terobosan baru yang belum pernah dilakukan baik ditingkat pusat maupun provinsi lainnya di Indonesia. Karena terobosan-terobosan ini akan menghadirkan hal yang baru di kehidupan kita. 

“Sebagai Ketua Tim Pembina TP PKK Provinsi Sumatera Barat, saya ingin menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Sumatera Barat memiliki kepentingan dan perhatian yang sangat besar terhadap PKK agar dapat terus tumbuh dan berkembang. Sehingga mampu berkontribusi dalam menyukseskan  program dan pembangunan di Sumatera Barat, dalam rangka mewujudkan kesejahteraan seluruh  keluarga dan masyarakat,” tegas Gubernur.

Sedangkan pemenang Kelompok Dasawisma berprestasi tahun 2022, kategori Kabupaten Harapan III Kelompok Dasawisma Raflesia II dengan Ketua Rudi Putra Chaniago Nagari Pakan Rabaa Tangah Kecamatan Koto Periuk Gadang Diateh Kabupaten Solok Selatan, Harapan II Kelompok Dasawisma Flamboyan II Ketua Lindawati Nagari Situjuh Batuah Kecamatan Situjuah Limo Nagari Kabupaten Limapuluh Kota. Harapan I Dasawisma Bahtera Vida I Ketua Leni Marlina Nagari Panakuk Kecamatan Ampek Angke Kabupaten Agam. Juara III Kelompok Dasawisma Anggrek I Ketua Tri Murti Nagari Toko Gadang Kecamatan Sintuk Toko Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Juara II Dasawisma Anggur 6 Ketua Yuli Oktaviani Nagari Sialang Gaung Kecamatan Koto Baru Kabupaten Dharmasraya. Dan juara I Dasawisma Mawar I Ketua Nora Nagari Tigo Jangko Kecamatan Lintau Buo Kecamatan Tanah Datar.

Kategori Kota, Harapan I Kelompok Dasawisma Kamboja III Ketua Siti Raumpa Diti Kota Pariaman, Harapan II Dasawisma Lilis Paris II Ketua Endang Warsiti Kota Padang Panjang, Juara III Dasawisma Anglonema I Ketua Worosipeni Widiastuti Kota Padang, Juara II Dasawisma Bunga Biru Sipulut Ketua Esni Alfina Kota Bukittinggi. Juara I Dasawisma Rosella Ketua Rahma Indola Kota Sawahlunto.(elda)
 
Top