Pariaman -- Lintas Media News
Kepala Sekolah SDN 01 Koto Marapak (Komara) Agustrinaldi menjelaskan "Literasi Budaya ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan peserta didik untuk lebih mengenal, memahami budaya, situs-situs sejarah, serta alam Minangkabau". terang  Agustrinaldi Minggu (6/02/2022).

Ide dari program ini muncul sejak awal Tahun pembelajaran yang tertuang dalam kurikulum Sekolah pada buku dokumen 1 dan Alhamdulillah kegiatannya terlaksana pada Sabtu Tanggal 5 Februari 2022 kemarin di Istano Basa Pagaruyuang, Kabupaten Tanah Datar. Tegas Kepsek SD 01 ini.

Selanjutnya Kepsek SDN 01 ini memaparkan Acara ini menampilkan pagelaran kreatifitas peserta didik SDN 01 Koto Marapak, seperti Tambua Tasa, Tari Pasambahan, Silek, Pidato Adat, dan Kato Pasambahan.

Kegiatan ini juga sekaligus untuk penilaian praktek Siswa, serta belajar untuk membuat laporan observasi, dengan menggunakan instrumen pengamatan yang dapat meningkatkan kompetensi peserta didik dalam pembelajaran seni dan budaya. sebut Kepsek yang akrab disapa Naldi ini. 

Kami berharap dengan kegiatan Literasi Budaya ini peserta didik dapat melestarikan Adat Istiadat, serta nilai-nilai Budaya dan Tradisi Kota Pariaman khususnya dan Sumbar umumnya.

Karna generasi penerus adalah generasi yang harus disiapkan dengan kearifan lokal yang baik, untuk menyonsong perkembang Iptek agar Adat dan Budaya tidak tergerus perubahan zaman. Jelas Naldi mengakhiri. (ND)
 
Top