Pekanbaru.lintas media News. 
Pengurus Perhimpunan Wartawan Media Online Indonesia (PW MOI) Provinsi Riau, dan Kota Pekanbaru periode 2022-2025, hari ini, Rabu (23/2/2022) resmi dilantik. Pelantikan dilakukan langsung oleh Ketua Umum PW MOI pusat, Drs. KPH. HM Jusuf Rizal, SH, SE, M.Si di Ameera Hotel Pekanbaru.
Turut hadir dalam kegiatan ini, Gubernur Riau, Syamsuar, yang diwakili Sekretaris Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Riau, Sri Mekka, Perwakilan Polda Riau, perwakilan Korem 031/WB, BPJS Ketenagakerjaan Sumbar Riau dan sejumlah instansi terkait serta organisasi lainnya.

Ketua Umum PW MOI, Jusuf Rizal dalam sambutannya menyampaikan, di Indonesia saat ini ada 45.000 media online, baik itu yang sudah terverifikasi dan yang belum.

Di era digitalisasi revolusi industri 4.0 memungkinkan semua orang menjadi jurnalis salah satunya menulis di media sosial. “Itu adalah dinamika sebuah perubahan yang harus kita hadapi. Suka atau tidak suka itu kita harus menghadapi perubahan ini dengan segala resikonya,” ujarnya.

Jusuf Rizal mengatakan, untuk mempersiapkan hal-hal tersebut dibentuklah Perkumpulan Wartawan Media Online Indoneaia (PW MOI). Harapannya, dengan adanya PW MOI dapat meningkatkan kompetensi di bidang jurnalistik.

“Ada dua hal yang ingin diarahkan, yang pertama pelatihan jurnalistik itu untuk melindungi jurnalis dari kriminalisasi dan yang kedua untuk melindungi mitra kerja dari berita yang tidak benar,” kata Jusuf.

Jusuf Rizal berpesan kepada PW MOI Riau agar bersinergi dengan pemerintah, baik Pemprov, Polda serta unsur lainnya untuk membuat kegiatan peningkatan kompetensi wartawan.

Ditambahkan Jusuf Rizal, dia berharap kepada PW MOI Riau untuk mengibarkan bendera PW MOI di seluruh kabupaten dan kota di Bumi Lancang Kuning ini.

"Saya titipkan PW MOI kepada teman-teman yang baru dilantik," tutup Jusuf Rizal.

Di kesempatan yang sama, Ketua PW MOI Provinsi Riau, Fadly Harmen, SE menerangkan, dengan dilantik dan dikukuhkannya kepengurusan PW MOI Riau ini, pihaknya akan berupaya membesarkan PW MOI di Riau.

PW MOI merupakan wadah bagi para wartawan media online atau siber di Riau. Sehingga itu, profesi wartawan khususnya di media online akan lebih terjamin.

"Kita hadir di Provinsi Riau ini sebagai penyeimbang dan kita ingin PW MOI ini sebagai mitra pemerintah dan tetap kritis dan produktif," kata dia. 

"Tentunya ini akan menjadi momentum kebangkitan wartawan media online di Riau. PW MOI akan menjadi wadah perjuangan kawan-kawan seprofesi,

khususnya media online," terang Fadly Harmen yang akrab disapa Boma Harmen ini.

Boma Menambahkan, PW MOI juga akan menyiapkan pendampingan hukum kepada seluruh anggota PW MOI kabupaten kota se-Riau.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelantikan PW MOI Riau, Rio Kasairy, S.Sos menyampaikan bahwa panitia telah menyiapkan kegiatan pelantikan ini jauh jauh hari sebelum terbitnya SK DPP PW MOI  nomor A.003/DPP-PWMOI/SK –KEPENGURUSAN DPW/1/2022 tertanggal 4 Januari 2022.

-
Setelah beberapa kali melaksanakan rapat panitia, pada 25 Desember 2021 lalu ditetapkan waktu pelantikan dan pengukuhan pada hari ini, 23 Februari 2022.

"Jadi, sebelum keluarnya SK kepengurusan, persiapan pelantikan sudah kita lakukan. Panitia juga sudah jauh hari bekerja menyukseskan acara hari ini," kata Rio yang juga Sekretaris PW MOI Provinsi Riau ini.

Pihaknya beserta jajaran pengurus PW MOI Riau berjanji akan berjuang membesarkan organisasi insan pers ini di bumi Lancang Kuning.

Berikut Nama-Nama Pengurus PW MOI Riau

Ketua : Boma Harmen , SE

Sekretaris : Rio Kasayri

Wakil sekretaris : Rahma Yudi MS

Bendahara : Zerry

Wakil Bendahara : Merza Vatahilla

Bidang-bidang

Wakil Ketua I Bidang OKK

Ketua : Muhamad Rizal

Sekretaris : Adri Sudiyanto

Anggota : Afri Mudeki

Wakil Ketua II Bidang IOnfokom dan IT

Ketua : Riki Ricardo

Sekretaris : Firdaus Anwar

Anggota : Novi Arianto

Wakil Ketua III Bidang Pendidikan dan Pelatihan

Ketua : Andi Affandi

Sekretaris : Nasir Seputar Riau

Anggota : Ar
(rel)
 
Top