DHARMASRAYA. lintas Media News.
Suatu program yang sangat berguna bagi seluruh ASN di lingkungan Pemkab Dharmasraya, yakni pelatihan berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Inggris yang digelar oleh  APKASI (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) bersama mitra kerja Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan aparat pemerintah Kabupaten Dharmasraya berkomunikasi dalam berbahasa asing. Kegiatan pelatihan ini sudah dilaksanakan selama tiga hari, dan sudah berlangsung sejak kemarin, (24/02/22), dan akan berakhir besok (25/02/22). Sedangkan lokasi pelaksanaan pelatihan ini di Aula Kantor Bupati Dharmasraya, dan dibuka langsung oleh Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan yang diwakili oleh Sekda Dharmasraya, Adlisman.

Menurut Kepala Badan BKPSDM Dharmasraya, Yusrizal bahwa kegiatan ini langsung diberikan oleh Trainernya yakni Penemu Metode English Cepat, Mr. Aditya Surya. Dengan mengusung konsep percepatan pemahaman bahasa yang disusun dengan analogi dan logika berpikir efektif bagi para peserta ‘Learning by Logic’.
“Kegiatan ini adalah untuk meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Kabupaten Dharmasraya, karena dengan adanya pelatihan ini akan  menjadikan kualitas Sumber Daya Manusia sangat fundamental dalam menjaga masa depan bangsa dan pondasi kuat ditengah sengitnya persaingan regional dan global. Dan nantinya akan dapat bersaing dengan Negara Negara lainnya, jika SDM di Dharmasraya menjadi lebih baik lagi, terutama dalam berkomunikasi berbahasa Inggris,” ungkap Kepala BKPSDM.  

Sementara itu dalam sambutan yang disampaikan oleh Bupati melalui Sekda menyampaikan ucapan terima kasih kepada Apkasi dan mitra Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara, atas kerja sama dalam program peningkatan kualitas SDM di Dharmasraya.

Selain itu, Bahasa Inggris merupakan hal yang sangat dibutuhkan. Tak hanya terbatas pada dunia pendidikan namun telah merambah pada dunia pemerintahan, teknologi, pariwisata dan aspek lainnya. Untuk itu, Bupati berharap bagi seluruh peserta training agar dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Serta dapat membantu pemerintah daerah untuk lebih berkembang di kancah internasional.

“Dengan adanya Professional English Training ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris kita sehingga membantu pemerintah daerah untuk lebih berkembang dalam kancah internasional seperti kerja sama dengan investor antar negara dan lain sebagianya,” harap Bupati Dharmasraya. 

Namun, sangat disayangkan kegiatan ini sebenarnya memang diperuntukkan untuk Kepala OPD yang ada di Kabupaten Dharmasraya, namun Kepala OPD sangat disayangkan tidak banyak yang hadir dalam acara pelatihan tersebut. Padahal acara pelatihan berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Inggris dinilai sangat penting.

“Padahal kegiatan ini sangat penting bagi Kepala OPD yang ada di Kabupaten Dharmasraya, untuk meningkatkan komunikasi dalam berbahasa Inggris. Namun sangat disayangkan banyak yang tidak hadir untuk mengikuti kegiatan ini,” pungkas Kepala BKPSDM.(***)
 
Top