Agam,lintas media news,
Batagak panghulu,Khairul resmi sandang gelar Datua Majo Kando dari suku Tanjuang,yang prosesi pengangkatannya telah dilakukan oleh Kerapatan Adat Nagari (KAN) Bawan di rumah pariuak timbago  di pudung nagari Bawan kecamatan ampek nagari kab agam Minggu,(5/12).

Ketua KAN Bawan  Datuak kando Marajo menjelaskan prosesi ini adalah pengangkatan/penggantiaan pangulu patah tumbuah hilang baganti kok panek mintak Baranti  kok  patang mintak bamalam karena Ninik mamak telah dahulu sebelum ini. Syafrudin Datuak majo kando Nan Basikek pangulu dari kaum suku tanjuang

Pengangkatan pangulu tersebut setelah disetujui oleh anak kemenakan harus disetujui oleh Nagari, untuk diterima oleh nagari maka diadakan acara pengangkatan/sumpah pangulu.
"Sumpah seorang datuak di Ranah Minang sangat berat,hal itu merupakan wujud tanggung jawab yang dibebankan ke pundak datuak sebagai pangulu, baik kepada kemenakan maupun kepada kampung halaman,"ujarnya.

Sumpah seorang datuak dalam satu kaum atau suku berlandaskan kepada Al Quran 30 Juz atau yang dalam bahasa adatnya dinamakan dengan Patiang Balau, bila melanggar sumpahnya maka akan dikutuk Al Quran. "Ka ateh indak ba pucuak, ka bawah indak baurek, ditangah-tangah digiriak kumbang."ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, Ketua KAN Bawan A Dt kando marajo,menyampaikan ucapan selamat kepada Khairul yang telah dilewakan menjadi Datuak majo kando dan panungkek Dt majo kando Yopi Eka anroni Nan Basikek suku tanjuang Kenagarian Bawan.

"Pengangkatan ini berarti membuatnya sudah duduak samo randah, tagak samo tinggi sama dengan pangulu-pangulu lainnya yang ada di Kenagarian Bawan"pungkasnya

Dalam prosesi turut hadir juga Bupati Agam,Dr H Andri Warman,M.M.angota DPRD agam, camat ampek nagari,Polsek ampek nagari,Dandramil,wali nagari Se kecematan ampek nagari,Bamus,jorong se nagari Bawan
dan Ninik mamak Nagari  tetangga.


 (Fahmi/jr)
 
Top