Agam, Lintas Media News

Pemerintah Nagari Bawan, Kecamatan ampek nagari,Kabupaten Agam mengadakan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) rencana kerja pembangunan (RKP) untuk tahun 2022, selasa (2/11).

Musyawarah yang digelar di aula kantor walinagari bawan  ini dihadiri oleh sejumlah unsur diantaranya wakil ketua komisi lV DPRD agam, Yopi Eka anroni,SE,ME,Camat ampek nagari di wakilkan oleh kasi pemerintahan nagari (PMN) yurmalis, Kapolsek ampek nagari iptu Alwizi Safriadi,S,H. pendamping Desa,Walinagari kamiruddin, Bamus, KAN, bundo kanduang ,wali jorong se nagari Bawan pemuda, tokoh masyarakat, dan tamu undangan lainnya.

Walinagari Bawan Kamiruddin mengatakan kegiatan Musrenbang RKP ini terlaksana di setiap tahunnya dalam rangka menentukan pembangunan di nagari.

Ia menyebut, Musrenbang RKP adalah dokumen perencanaan untuk periode 1 tahun, dan merupakan penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nagari (RPJMN). Sehingga tujuan Musrenbang nagari ini dilaksanakan untuk menyepakati prioritas kebutuhan dan masalah yang sangat mendesak untuk direalisasikan dalam bentuk program maupun kegiatan pada tahun perencanaan, atau tahun yang akan datang.

“Jadi, segala bentuk kegiatan yang akan kita laksanakan di nagari pada tahun depan harus kita rencanakan dulu untuk menentukan dan menyepakati program kebutuhan prioritas yang akan dilakukan,” ujarnya.

Wakil ketua komisi 1V DPRD agam Yopi Eka anroni,SE,ME, mengakui, saat ini sudah banyak kegiatan yang terlaksana berkat usulan masyarakat melalui Musrenbang RKP yang digelar tahun 2020 lalu. Berbagai kegiatan yang terlaksana tahun ini yaitu peningkatan infrastruktur jalan, jembatan, pemberdayaan, dan kegiatan fisik lainnya.

“Mudah-mudahan usulan dan aspirasi prioritas masyarakat untuk tahun 2022 bisa terealisasi guna mendukung pemerataan pembangunan di Nagari Bawan, Meskipun anggaran kita terbatas, segala bentuk kegiatannya tetap kita usahakan melalui APBD, maupun dana pokir anggota DPRD,” kata Yopi Eka anroni.

Ketua Bamus Nagari Bawan Drs, Samsudin menambahkan melalui musyawarah ini diharapkan dapat melahirkan keputusan terbaik untuk kemajuan Nagari Bawan kedepan.

Ia menyebut, sebelum melaksanakan Musrenbang RKP, pihaknya bersama pemerintah nagari telah melakukan musyawarah di tingkat jorong, dan musyawarah penyusunan RKP. “Ini kita lakukan agar seluruh aspirasi masyarakat itu bisa ditampung, dan dimasukkan ke dalam perencanaan di nagari,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat ampek nagari,mengakui, jika walinagari dan seluruh lembaga bersatu maka segala program pembangunan di nagari akan terlaksana dengan baik.

Ia juga meminta kepada seluruh peserta Musrenbang agar dapat membedakan kebutuhan dengan keinginan. Sebab menurutnya, keinginan masyarakat di nagari dinilai sangat banyak, sementara anggaran yang tersedia di nagari sangat terbatas. Sehingga program kegiatan yang diutamakan adalah kebutuhan masyarakat.

“Keterbatasan anggaran di nagari memang menjadi kendala selama ini. Namun untuk merealisasikan rencana tersebut, pemerintah nagari harus lebih memprioritaskan kebutuhan masyarakat daripada keinginan, guna mendukung kemajuan pembangunan di nagari,” jelasnya. (Fahmi/jr)

 
Top