Pdg. Panjang, Lintas Media News

Walikota, H. Fadly Amran, BBA, Datuak Paduko Malano berpesan agar generasi muda dapat mengasah kemampuan bahasa sejak usia dini. Setidaknya generasi muda pahami tiga bahasa yang didapat dengan kebiasaan membaca. 

“Kalau sekarang anak muda tidak bisa menguasai berbagai bahasa, saya rasa sangat tertinggal. Karena anak-anak sekarang setidaknya harus mempunyai skill untuk memahami tiga bahasa yang diperoleh melalui kebiasaan membaca sejak dini. Sehingga kita sebagai generasi muda dapat berkontribusi terhadap pembangunan bangsa,” ungkap Fadly saat membuka kegiatan peringatan Bulan Bahasa dan Sumpah Pemuda di Aula SMP Hikmah Padang Panjang, Rabu (27/10).

Wako Fadly berharap semoga cita-cita bangsa melalui sumpah pemuda betul-betul bisa diemban bersama. Anak-anak muda, generasi Z, generasi milenial, siapapun dari lintas sosial, lintas profesi, lintas agama, lintas apapun, pokoknya masyarakat Indonesia harus bisa berkontribusi untuk perkembangan bangsa.

Sementara itu, dr. Dian Puspita Fadly Amran, Sp.JP selaku Bunda Literasi Kota berpesan kepada generasi muda untuk menjadikan aktivitas membaca dan menulis sebagai suatu kebiasaan dan hobi.

“Literasi bukan hanya baca tulis, tetapi literasi adalah kemampuan kita untuk mengenal sesuatu. Ada berbagai macam literasi, seperti literasi media. Mari kita warnai bulan literasi dengan berbagai kegiatan yang menambah literasi di lingkungan kita,” ujarnya.

Ditambahkan Dokter Dian, tokoh-tokoh besar dekat dengan aktivitas membaca dan menulis. Generasi muda diharapkan dapat mengisi waktu luang mereka dengan berbagai kegiatan positif yang dapat meningkatkan pengetahuan atau literasi. Pentingnya penguasaan bahasa yang menjadi faktor utama literasi bagi kemajuan masa depan  bangsa. “Hindarilah game online dan budayakan membaca, menulis, serta berdiskusi untuk meraih masa depan yang lebih baik,” sambungnya. 

Kegiatan ini dilanjutkan dengan deklarasi dan penandatanganan nota kesepakatan Sekolah Anti Narkoba antara SMP Hikmah  dengan GANN (Gerakan Anti Narkoba Nasional) yang disaksikan Wako Fadly.

Diikuti dengan penyerahan piagam penghargaan dan pengalungan selempang kepada Duta Anti Narkoba SMP Hikmah Padang oleh Wako Fadly bersama Bunda Literasi. Kegiatan diakhiri dengan penandatanganan spanduk deklarasi Sekolah Anti Narkoba. (maison pisano)

 
Top