Padang, Lintas Media News

Saat ini ada mobil Swab Keliling Dinas Kesehatan Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Laboratorium Kesehatan Provinsi Sumatera Barat melakukan tes usap atau swab antigen dan PCR (polymerase chain reaction) untuk traking kontak erat positif covid dikabupaten dan kota.

Hal ini disampaikan, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat Arry Yuswandi, SKM, MKM disela-sela kesibukan kegiatannya, Jum'at (23/7/2021).

Ary katakan UPTD Laboratorium Kesehatan Provinsi Sumatera Barat memiliki mobil operasional swab keliling dalam  penanggulangan Covid-19 di Provinsi Sumatera Barat. 

"Lounching mobil Swab Keliling di lakukan pada tanggal 24 Mei 2021 di halaman kantor Gubernur Sumatera Barat oleh Gubernur Mahyeldi dan unsur Forkopimda Provinsi Sumatera Barat," ujarnya.

Ary juga sampaikan, mobil unit ini dapat melakukan Swab gratis pemeriksaan PCR direncanakan mencakup 18 Kab/Kota wilayah Provinsi Sumatera Barat, untuk melakukan traciking kasus Covid-19. 

"Kegiatan ini sudah dilakukan di Kota Sawahlunto pada tanggal 7 Juli 2021 pada saat kegiatan HUT Bhayangkara bersamaan dengan pelaksanaan Vaksinasi Covid-19. Kegiatan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Sawahlunto Bidang Yankes . Pada kegiatan yang dilaksanakan di Sawahlunto dilakukan pengambilan sampel sebanyak 23 orang," katanya

Ia juga katakan pada tanggal 23 Juli 2021 di Kota Solok mobil unit swab keliling ini juga telah melakukan kegiatan serupa. 

Selanjutnya, kegiatan Mobil Swab Keliling baru hanya satu unit maka kegiatan akan dilakukan pada  kabupaten /kota lainnya disesuaikan dengan event-event yang ada di Dinas Kesehatan Kab/Kota. (b/hms)



 
Top