Pulau Punjung, Lintas Media News

Dinas Kesehatan Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, kembali mencatatkan sebanyak 30 kasus konfirmasi positif baru masyarakat terpapar virus COVID-19, Kamis (08/07). 

Plt Kepala Dinas Kesehatan setempat, Yosta Devina, di Pulau Punjung, mengatakan sebaran kasus positif terbaru itu berada di 11 Kenagarian yang ada. 

"Jumlah penambahan kasus positif terbanyak kali ini terjadi di Nagari Koto Padang dan Sungai Duo dengan masing-masing sebanyak lima orang, disusul Nagari Koto Baru sebanyak empat orang," ungkapnya. 

Kemudian, lanjutnya, penambahan juga terjadi di Nagari Tabek, Nagari Gunung Medan dan Nagari Sikabau masing-masing tiga orang. 

Berikutnya, Nagari Sungai Dareh sebanyak dua orang, Nagari Padang Laweh satu orang, Sialang Gaung satu orang, Tebing Tinggi satu orang dan Nagari Beringin Sakti juga sebanyak satu orang. 

"Selain kasus positif, pada hari ini juga dicatatkan sebanyak sembilan peristiwa kesembuhan baru, " ujarnya. 

Dengan penambahan tersebut, pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Dharmasraya kembali memperbaharui data penanganan penyebaran dengan rincian jumlah total kasus positif sudah mencapai sebanyak 1.343 orang dan 1.184 orang diantaranya sudah dinyatakan sembuh

Kemudian, lanjutnya, untuk penanganan kasus kontak erat terjadi penambahan sebanyak 86 orang menjadi sebanyak 7.507 jiwa dan 6.928 jiwa diantaranya sudah selesai dilakukan pemantauan. 

Terkait penanganan terhadap pelaku perjalanan, ia menjelaskan hingga saat ini sudah dilakukan pemantauan terhadap 18.432 jiwa dan yang masih dalam proses pemantauan sebanyak 736 jiwa. 

Untuk jumlah pasien positif COVID-19 yang dinyatakan meninggal dunia di daerah itu sudah berjumlah sebanyak 25 orang dan untuk penanganan kasus suspek secara kumulatif sebanyak 847 dengan rincian 20 orang meninggal dunia dan empat orang masih dalam penanganan tim medis. 

Pihaknya mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar senantiasa waspada serta selalu menjaga kepatuhan untuk menerapkan standar protokol kesehatan bebas COVID-19 seperti yang dianjurkan pemerintah. 

"Wabah pandemi belum usai dan setiap kita masih dituntut kedisiplinan terkait protokol kesehatan serta regulasi dan kebijakan yang diberlakukan oleh pihak pemerintah dari pusat hingga tingkat nagari, " Tutupnya. 

Sebelumnya, Dinas Kesehatan Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, kembali mencatatkan penambahan jumlah kasus positif baru masyarakat terpapar virus COVID-19 sebanyak sembilan orang, Rabu (07/07). 

Plt Kepala Dinas Kesehatan setempat, Yosta Devina, di Pulau Punjung, mengatakan selain penambahan kasus positif pihaknya juga mencatatkan peristiwa pasien COVID-19 yang meninggal dunia sebanyak satu orang dan satu orang lainnya dinyatakan sembuh. (Elda)

 
Top