Ampek Nagari, Lintas Media News

Jajaran pemerintah nagari di kabupaten Agam mulai pro-aktif menggerakkan seluruh elemen yang ada di nagari untuk mengantisipasi penyebaran dan memutus rantai penyebaran covid-19 di wilayah nagari masing-masing.

Seperti yang dilakukan Nagari Bawan kecamatan ampek nagari sejak pekan lalu, sesuai instruksi kepala DPMN Agam, jajaran pemerintah nagari sudah mengaktifkan posko Satgas Penanganan Covid-19,nagari Bawan dan para relawan sudah bergerak ke rumah-rumah,warung kopi, tempat ibadah,untuk mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan di lingkungan keluarga.

Bahkan untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19, Nagari Bawan Kecamatan ampek nagari,sudah bergerak cepat dengan melakukan edukasi kepada masyarakat tentang penerapan protokol kesehatan dalam pelaksanaan kegiatan sehari-hari.

Disamping itu para relawan Satgas Covid-19 Nagari Bawan  aktif piket di posko Covid-19 Nagari, “ kita bersama semua ninik mamak, lembaga-lembaga nagari dan semua stakeholders di nagari bersinergi mencegah penyebaran virus corona di Nagari bawan,” tegas Kamiruddin Wali Nagari Bawan

Dijelaskan, saat ini setiap lokasi yang menjadi lintasan warga disediakan tempat cuci tangan, dan bagi warga yang terpapar, para relawan jorong akan memberi dukungan untuk segera pulih dari paparan covid-19.

Dijelaskan sekretaris nagari, Arif Eka putra pihaknya mengintensifkan himbauan agar masyarakat selalu mematuhi protokol kesehatan,” para dunsanak kami dari rantau yang sudah sampai dikampung halaman,diminta untuk melaporkan ke posko covid-19, sebagai langkah antisipasi dini penyebaran virus corona itu,” jelasnya.

Bahkan di Nagari bawan, serius menyikapi perkembangan kondisi di lapangan, terutama potensi peningkatan kasus warga terkonfirmasi covid-19,dalam waktu dekat akan segera direalisasikan isolasi mandiri dirumah, yang akan diawasi khusus oleh tim kesehatan dan satgas yang bertugas di posko covid-19.

Disisi lain, para relawan Satgas Covid-19 Nagari Bawan, ampek nagari,juga sudah mengumumkan kepada warga, dan menyaru warga untuk selalu mentaati protokol kesehatan, untuk mengantisipasi penyebaran covid-19.

“Kita berupaya maksimal melakukan pengawasan, termasuk pendataan para perantau yang pulang kampung, sebagai bagian dari upaya memutus mata rantai penyebaran covid-19,” ulas .wali Jorong pudung, Atrizal Fahmi. (Fahmi/jr)

 
Top