Agam, Lintas Media News

Dalam rangka memperingati Hari Hipertensi Sedunia, Puskesmas Biaro mengajak masyarakat untuk mencegah penyakit hipertensi dengan penerapan hidup CERDIK.

Kepala Puskesmas Biaro, dr. Annisa Sofyana menuturkan, setiap tanggal 17 Mei diperingati sebagai Hari Hipertensi Sedunia. Setiap tahunnya, terdapat tema besar dalam upaya pencegahan penyakit hipertensi

“Hari Hipertensi Sedunia tahun 2021 ini, secara global bertema Measure Your Blood, Pressure Accurately, Control It, Live Longer,” ujarnya, Senin (17/05).

Sedangkan di Indonesia, ulasnya, tema global tersebut diadopsi menjadi “Cegah dan Kendalikan Hipertensi dengan Tepat untuk Hidup Sehat Lebih Lama” .

Dijelaskan dr. Annisa, tema tersebut bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melakukan pencegahan dan pengendalian hipertensi dari diri sendiri dan keluarga.

Sementara itu, di Puskesmas Biaro, peringatan Hari Hipertensi Sedunia diperingati dengan cara mengajak dan mengedukasi masyarakat tentang penyakit hipertensi.

Ajakan dan edukasi tersebut diselenggarakan dengan cara face to face, dan menyebarluaskan informasi seputar hipertensi melalui media sosial.

“Jadi masyarakat diimbau untuk melakukan pengukuran tekanan darah secara mandiri atau difasilitasi pelayan kesehatan secara berkala minimal 1 bulan sekali,” ucapnya.

Dijelaskan, penyakit hipertensi dapat dicegah dengan menerapkan hidup CERDIK, yang merupakan singkatan dari Cek kesehatan secara teratur, Enyahkan asap rokok. Rajin berolahraga, Diet yang seimbang, Istirahat yang cukup dan Kelola stress dengan baik,” jadi disingkat CERDIK,” tukasnya. (RiL/Rhomy)

 
Top