Solok .Lintas Media News.
Tim Safari Ramadhan Provinsi Sumatera Barat kunjungi Masjid Raya Talang dan Gubernur Mahyeldi serahkan bantuan 300 sak semen dari PTSemen Padang, 20 juta dari Bank Nagari dan 20 juta dari Pemprov Sumbar serta 20 AlQur'an dari Kemenag.

" Mudah-mudahan dengan bantuan ini pembangunan masjid Raya Talang cepat selesai. Pembangunan masjid ini hendaknya menganut semangat kegotong-royongan dalam meraih pahala dan ridho Allah SWT, semoga kita menjadi orang-orang yang bertaqwa," ujar Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah dalam kunjungan Tim safari ramadan Provinsi Sumbar diMasjid Raya Talang Kecamatan, Gunung Talang, Kabupaten Solok, Rabu (21/4/2021).

Gubernur juga katakan, aktivitas dan momentum pada saat Ramadan selama satu bulan penuh merupakan kewajiban umat Muslim di manapun mereka berada. Dimulai dengan aktivitas sahur, berbuka, dan shalat sunnah tarawih untuk menambah catatan amal kebaikan seseorang, 
"Juga akan sangat di rindukan karena adanya rasa kebersamaannya dengan semangat kekompakan dan semangat kebersamaan, terutama dalam membangun masjid, inilah nilai-nilai yang diajarkan Allah SWT kepada kita selama bulan Ramadan," ujar Mahyeldi.

Mahyeldi juga sampaikan dalam membangun rumah tangga dikatakan gubernur semangat itu akan menghadirkan rumah tangga yang bahagia rumah tangga yang syakinah mawaddah waramah itu adalah ketika ada kerjasama yang baik di dalam membangun rumah tangga yang sukses.

"Dengan kesuksesan membangun keluarga tercermin bagaimana kita memiliki generasi yang berkualitas itu adalah kerjasama yang baik kalau dilakukan antara seluruh komponen dalam rumah tangga dan masyarakat juga pemerintah," katanya.

Selanjutnya Gubernur mengatakan dengan semangat kebersamaan, semangat persatuan, semangat kekompakan dan semangat gotong royong, selama Ramadan lebih kurang 30 hari lamanya.

"InsyaAllah dengan semangat itu maka masjid yang kita bangun ini jadi cepat selesai, dengan hadirnya seluruh komponen pada malam hari ini dapat memberikan bantuan kepada masjid," harap Gubernur

Bantuan Masjid Raya Talang itu Gubernur mengungkapkan dari Semen Padang menyumbang 300 sak semen, Bank Nagari 30 juta ditambah lagi dari pemerintah provinsi Sumbar sebesar 20 juta. Ini adalah merupakan kebersamaan rombongan tim pada malam hari ini untuk membangun masjid ini. Mudah-mudahan insyaallah dengan bantuan ini maka masjid cepat selesai.

"Sehingga beribadah jadi aman, begitu juga bagi anak-anak kita dengan adanya masjid ini yang diimarahkan dengan kegiatan-kegiatan pemuda dan pemudi untuk mempersiapkan amal ibadahnya menuju akhirat," tutur Gubernur.

Selanjutnya Gubernur menyebutkan dengan adanya masjid bisa beribadah, sehingga menjadi mengerti dengan ajaran Islam, maka kita bawa mereka ke masjid. Mudah-mudahan dengan adanya masjid ini kita bisa bersama-sama membangunnya dan besama pula mengisinya.

Sesuai firman-nya Quran Surat At-Taubah Ayat 18: Innamā ya'muru masājidallāhi man āmana billāhi wal-yaumil-ākhiri wa aqāmaṣ-ṣalāta wa ātaz-zakāta wa lam yakhsya illallāh, fa 'asā ulā`ika ay yakụnụ minal-muhtadīn.

"Artinya: Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan Hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk," terang Gubernur.

Setelah itu, Pj Bupati Solok Heri Nofiardi memberikan kata sambutannya. Dalam sambutan tersebut, dia berharap agar kehadiran Gubernur dapat bermanfaat

"Semoga kehadiran beliau memberi pencerahan bagi kita bersama, sehingga masjid kita ini dapat segera kita selesaikan, dapat segera kita tuntaskan bersama," katanya.

Sementara itu Pengurus Panitia Masjid Raya Talang Nasrudin juga mengatakan pada awalnya ia merasa terkejut, bahwa masjid raya talang mendapat kunjungan, oleh Gubernur. Masjid talang ini awalnya merupakan masjid kaum suku Jambak, karena ruangan terlalu sempit sehingga jamaah jadi tidak mendapat  ruang untuk sholat berjamaah.

"Makan dibangunlah Masjid baru, yang memiliki bangunan tiga tingkat. Dana 1,5 miliyar rupiah untuk pembangunan masjid, dan selanjutnya kita mendapatkan bantuan pemasangan kubah besar yang berkonsep Madinah yang akan dikelilingi oleh empat kubah kecil di sekelilingnya," ujar Nasruddin.

Dia juga mengakui bahwa sudah ada dana bantuan Bupati Solok melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Solok Tahun 2020, tetapi karena COVID-19, dana tersebut dialihkan untuk bantuan COVID-19.

"Pengurus mengharapkan sumbangan tanah dari masyarakat dan para dermawan, yang mana insyaAllah pertengahan tahun 2022 gedung baru Masjid Raya Talang sudah bisa diresmikan," harapnya.(rel)
 
Top