Pd,Panjang.Lintas Media.News.com.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil( Dukcapil) kota Padang Panjang tidak habis habisnya mendapatkan penghargaan. Prestasi teranyar.kantor pelayan publik beralamat diselatan Kota Padang Panjang ini.Persisnya, berada di Silaing Bawah Padang Panjang Barat, kota Padang Panjang. 

Berdasarkan Surat Keputusan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 111 Tahun 2021 tentang Hasil Evaluasi Pelayanan Publik Unit Penyelenggaraan Pelayanan Publik Lingkup Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah Tahun 2020.
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang Panjang memperoleh  Kategori Pelayanan Publik B (Baik). 
Penyampaian, Hasil Evaluasi pelayanan publik tahun 2020 di lingkup Pemerintah Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota dilakukan pada hari Selasa tanggal 9 Maret 2021 bertempat di Ballroom Hotel Ritz Carlton SCBD Jakarta. Piagam Penghargaan diberikan hanya bagi Pemerintah Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota dengan kategori terbaik yaitu Pelayanan Prima. Piagam diserahkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahyo Kumolo didampingi Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa, ujar Kadis Dukcapil, Maini menjawab LintasMediaNews.com, diruang kerjanya, Kamis(8/3/2021)

Pelaksanaan Evaluasi ini, merupakan agenda rutin tahunan sejak 3 tahun terakhir terhadap 3 (tiga) OPD di Kabupaten/Kota sebagai pilot project Pelayanan Publik sebagaimana yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 17 Tahun 2017 tentang Pedoman Penilaian Kinerja Unit Penyelenggara Pelayanan Publik. 

Tiga OPD tersebut, pyaitu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Rumah Sakit Umum Daerah. Sementara itu, untuk tingkat Propinsi ditambah dengan SAMSAT dan Polres.  

Hasil Evaluasi Pelayanan Publik ini, melahirkan Indeks Pelayanan Publik 3,94 untuk Dinas Dukcapil Padang Panjang. Hanya tinggal selangkah lagi untuk meraih Kategori Sangat Baik. Mudah-mudahan pada evaluasi tahun 2021 ini, Dinas Dukcapil Padang Panjang dapat meraih Predikat A, ujar Maini."

Lebih jauh Mani mengatakan, keberhasilan yang diraih Dukcapil selama ini, berkat kerja keras kita semua yang saling dukung satu sama lain. Buah, dari kerja keras dan semangat kebersamaan itu membuahkan hasil yang tidak mengecewakan. Capil, sebagai pelayanan publik sangat menyadari itu semua, yang kita layani masyarakat banyak dengan latar belakang dan pendidikan berbeda beda. Kuncinya, ya, itu kesabaran dan lapang dada dalam menghadapi banyak ragam,tukuk sang Sang Kadis.(maisonpisano)
 
Top