Pd, Panjang. Lintas Media. News.com
Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil tidak pernah kehanisan ide dalam berinovasi. Setelah, sukses dengan berbagai aplikasi seperti, paduka, palang pintu, dan banyak lagi inovasi yang terlahir dari OPD yang mengurus administrasi kependudukan ini.

Inovasi teryanyar, yang dilahirkan Dukcapil Padang Panjang adalah," POP Corn (Photo OPDdukcapil Corner) merupakan inovasi terbaru dari Dinas Dukcapil kota Padang Panjang. Hal tersebut, dikatakan Kadis Dukcapil Maini menjawab LintasMedia.News diruang kerjanya, 0Senin, 1/3/2021.

POP Corn, merupakan media penyampaian dan publikasi informasi kependudukan yang dikemas secara lebih kekinian dalam memanfaatkan media sosial seperti FB,IG dan WA.
Secara teknis, dengan adanya POP Corn, masyarakat dapat berswafoto sembari melakukan pengurusan dokumen kependudukan ataupun selesai mendapatkan dokumen kependudukan yang diiginkan.

Hal ini, dapat menjadi ajang edukasi dan himbauan secara persuasif kepada masyarakat luas agar terpacu melakukan pengurusan dokumen kependudukannya. 

Lebih lanjut lagi,jika memungkinkan, swafoto masyarakat yang di tag-kan ke akun medsos dukcapil, dapat disayembarakan, dipilih yang terbaik dan mendapatkan merchandise dari Dukcapil kota Padang Panjang, sehingga dapat membahagiakan masyarakat kota Padang Panjang khususnya.

Semua ide itu, terlahir dari kekompakan seluruh tim dalam menghadapi perobahan teknologi dan digitalisasi. Artinya, pesatnya perkembangam teknologi mau tidak mau kita harus mengikuti alurnya. Dengan banyak kemudahan tersebut, kerja Dukcapil sangat terbantu sekali dengan banyaknya aplikadi administrasi yang dibuat. 

Masyarakat pun, terbantu dengan berbagai aplikasi yang ada sekarang. Untuk, mengurus bermacam adminduk, masyarakat tidak perlu lagi bolak balik kekantor. Dukcapil, dan tim akan mendatangi kelurahan masing masing. Begitu mudahnya, cara yang sudah dibangun capil, masih enggan juga masyarakat untuk melengkapi data kependudukanya,ujar Maini.

Lebih jauh  Maini mengatakan, sebagai OPD yang melayani keperluan banyak orang, akan berusaha sebaik mungkin dalam melayani masyarakat. Sesuai, harapan Walikota Fadly Amran, capil harus menjadi garda terdepan dalam pelayanan publik, tukuk Maini.(maisonpisano)
 
Top