Pdg. Panjang, Lintas Media News

Memutus mata rantai peredaran narkoba di Kota Padang Panjang, adalah tanggung jawab kita memua. Kita berpacu, dengan waktu dan semakin lihainya para pialang narkoba dalam menjerat mangsanya untuk masik dalam perangkap yang memabukan. Sehingga, untuk keluar dalam pusaran itu akan terasa sulit, bila sudah terperangkap terlalu jauh.

Hal tersebut, dikatakan Wali Kota Fadly Amran, Jumat (26/3), menjawab LintasMedia.News, usai melakukan pencanangan Kelurahan Bersih Narkoba (Bersinar) bertempat di pendopo rumah. dinasnya.

Sebelum merajalelanya peredaran narkoba di kota ini. Kita perlu persiapkan benteng yang kuat. Artinya, dengan keterlibatan seluruh komponen dimasig kelurahan secara tak langsung peredaran obat obat terlarang akan dapat kita tekan, tuturnya. 

Saat ini, peredaran narkoba tidak hanya sekedar menjangkau kaum muda. Termasuk kalangan tua. Untuk itu, dengan keterlibatan banyak pihak dan unsur terkait mudah mudahan generasi kita terjauh dari pengaruh narkoba, ujarnya.

Dalam kurun waktu sepuluh tahun kebelakang, pemakai dan pengedar barang haram itu sudah sangat meresahkan. Pangsanya, tidak lagi antar negara. Namun, telah menyisir sampai kepedesaan. Tingkat pemakainya, sudah tahap mengkhawatirkan. Bagi kalangan remaja, sudah menjadi hal biasa dan lumrah. Parahnya sekarang, generasi muda dan anak anak sudah kenal dan kecanduan dengan barang haram tersebut, terang Fadly Amran.

Untuk itu, peran orang tua dan lingkungan tempat tinggal menjadi perhatian serius terhadap perkembangan prilaku anak. Sebagai orang tua, harus peka melihat perkembangan prilaku anak. Bila ada yang janggal, harus cepat nengambil tindakan. Setidaknya, berbicara terbuka dari hati kehati, sebelum anak terjerumus lebih jauh kedalam pergaulan menyesatkan yang akan mengorbankan masa depanya.

Dengan, dicanangkanya Padang Panjang Bersih Narkoba, setidaknya akan mudah memutus mata rantai penyebaran dan pemakaian narkoba bagi semua kalangan. Tidak bisa dipungkiri, untuk mendapatkan barang haram tersebut dizaman sekarang, tidak terlalu sukar. Pialangnya, ada dimana mana, hingga menyisir sampai kepelosok. 

Untuk memutus mata rantai penyebaran barang haran tersebut, memang dibutuhkan kerja sama yang solid. Jangan, biarkan pihak penegak hukum bekerja sendirian. Tokoh agama, cadiak pandai, alim ulama harus mengambil tindakan cepat bila ada kedapatan oknum mencurigakan berlalu lalang dilingkungan tempat tinggalnya, pungkas Fadly Amran.

Dikesempatan pencanangan program BERSINAR ini, turut dihadiri unsur Kepolisian, Kejaksaan, TNI, Niniak Namak, Stakholder disamping jajaran Pemko. Turut diserahkan, Piagam Penghargaan Kelurahan Bebas Narkoba diterima Kelurahan Balai Balai dan Koto Panjang.(maisonpisano)
 
Top