Pd, Panjang. Lintas Media.News.com
Guna mempelancar akses masuk ke kawasan wisata Lembah Batu Limo, RT 5 Kelurahan Silaing Atas, Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang. Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy didampingi Walikota dan Wakil Walikota Padang Panjang Fadly Amran – Arul, Kadis Pariwisata Maiharman, tokoh masyarakat Nasrulah Nukman, Ketua RT 5 Nasrul bersama warga setempat melakukan goto royong di Lembah Batu Limo, RT 5 Silaing Atas Padang Panjang Barat, Minggu (7/2).

Bagi warga setempat, daerah ini merupakan kawasan wisata baru yang bakal dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitarnya. Dengan dibukanya, destinasi wisata baru Lembah Batu Limo, banyak efek yang dapat diambil masyarakat sekitar, bila destinasi wisata Batu Limo ini dikelola secara serius.

Kehadiran Wakil Gubernu Sumatera Barat, ke Lembah Batu Limo disambut antusias oleh warga yang sedang Goro membuka jalan ke objek wisata baru Padang Panjang. Wakil Gubernur, Walikota dan Walkil Walikota melihat dari dekat potensi Objek Wisata Batu Limo yang bakal benjadi destinasi Wisata Alam yang menjanjikan. Dilihat dari struktur alamnya indah membentang sungai cocok untuk dijadikan olahraga arung jeram.

Menurut tokoh masyarakat Nasrulah Nukman, pembukaan jalan ini sudah dirintis semenjak tahun 2013 sepanjang kurang lebih 300 meter lebar 1,5 meter. Sepuluh tahun lalu, kawasan Lembah Batu Limo, berupakan rimba yang jarang dilalui masyarakat. Nyaris, seluruh badan jalan ditumbuhi semak yang merimba, sehingga akses masuk ke lembah Wisata Batu Limo susah untuk ditembus.

Berkat, kesadaran yang tinggi Warga RT 5, pelan pelan mulai melakukan goro setiap minggu. Bermodalkan semangat kebersamaan, Batu Limo yang dahulunya rimba, sekarang menjelma menjadi Destinasi Wisata baru kota Padang Panjang yang terlahir dari ide bersama untuk sebuah kemajuan,ujar Nasrulah Nukman.  

Menanggapi harapan masyarakat RT 5 Keluruhan Silaning Atas. Walikota Fadly Amran, sangat mengapresiasi karena masyarakat telah memulai merintis membuka jalan menuju Wisata Lembah Batu Limo. Selaku Kepala daerah, kita selalu mendukung setiap kemajuan yang dilakukan masyarakat. Apalagi, yang menyangkut wisata, pemerintah daerah akan suport dengan sepenuhnya, termasuk anggaran dalam mengembangkan wisata tersebut, terang Fadly Amran. 

Fadly Amran menghimbau agar warga masyarakat terus  membudayakan kegiatan gotong royong terutama dalam menjaga kebersihan lingkungan. Budaya rotong royong merupakan warisan dari nenek moyang bangsa Indonesia yang telah menjadi bagian dalam kehidupan masyarakat. 

Untuk itu, goro harus kita budayakan. Ini merupakan bentuk kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sekitar. Jujur, kita salut akan kebersamaan yang diperlihatkan warga RT 5 dalam mengejar kemajuan. Meski, dengan kerja suka rela mereka tetap memperlihatkan kepedulianya,ujar Fadly menjawab Lintas Media disela sela goro bersama masyarakat. 

Sementara Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy mengatakan, kita sangat mengapresiasi semangat masyarakat dalam memajukan daerahnya. Artinya, semangat kebersamaan menjadi jaminan akan sebuah keberhasilan. Buktinya, berkat kegigihan warganya, lahan yang dahulunya tidur, sekarang disulap menjadi daerah destinasi wisata  yang menjanjikan. Untuk itu, selaku wakil Gubernur, kita akan membahasnya dalam rakor kepala daerah yang digelar besok.

Beberapa usulan, yang sudah dimasukan Pemerintah Kota Padang Panjang, seperti kelajutan pembangunan Rest Area, pembangunan Islamic Center, Sport Center. Keseluruhan usulan tersebut, akan menjadi prioritas yang akan dibahas dalam rakor kepala daerah, ujar Audy Joinaldi.(Maison Pisano)
 
Top