Proses pemasangan shell kiln buatan Workshop PT Semen Padang di Pabrik Tonasa3, PT Semen Tonasa yang sudah rampung pada awal Februari 2021. (foto:hms.ptsp)

Padang, Lintas Media News

Tiga segmen Shell Kiln untuk Pabrik Tonasa 3 PT Semen Tonasa yang diproduksi  oleh Workshop Unit Bisnis Inkubasi Non Semen (BINS) PT Semen Padang, sudah selesai dilakukan pemasangan pada awal Februari 2021. 

Tentunya, pemasangan Shell Kiln yang memakan waktu 29 hari itu semakin menambah kepercayaan industri semen di Indonesia atas kinerja Workshop  PT Semen Padang dalam memproduksi spare part untuk pabrik semen.

"Ya, secara tidak langsung ini dapat menambah kepercayan industri semen lain terhadap kinerja kita, apalagi Workshop  PT Semen Padang sudah berpengalaman lebih dari 15 tahun dalam pengerjaan erection Shell Kiln," kata Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati, Jumat (5/2/2021). 

Pemasangan tiga segment Shell Kiln untuk Pabrik Tonasa 3 oleh tim Workshop  PT Semen Padang  itu,  dilakukan dalam dua tahap. "Untuk tahap pertama, sepanjang 15,6 meter dan tahap kedua 10 meter," ujarnya. 

Kepala Unit Workshop  PT Semen Padang Fery Sarvino menambahkan  pemasangan tiga segment Shell Kiln untuk Pabrik Tonasa 3 itu dibagi dalam tiga tahapan pengerjaan, yaitu tahap persiapan, tahap pengerjaan utama dan tahap finishing. Untuk tahap pengerjaan utama, memakan waktu selama 12 hari kerja. 

Secara keseluruhan untuk ketiga tahap tersebut, memakan waktu 29 hari kerja dari taget yang diberikan selama 31 hari kerja. Dan tentunya, proses pengerjaan yang cepat itu tidak terlepas dari pengalaman workshop PT Semen Padang dalam pekerjaan erection Shell Kiln yang sudah belas tahun lamanya. 

Di samping pengalaman, kerjasama dan kordinasi yang baik antara tim Workshop  PT Semen Padang dengan tim project PT Semen Tonasa juga menjadi alasan pengerjaan pemasangan tiga segment Shell Kiln untuk Pabrik Tonasa 3 menjadi lebih cepat.

"Workshop PT Semen Padang, sebelumnya juga pernah memasang Shell Kiln di Pabrik Semen Tonasa. Jadi, karena hal itu lah PT Semen Tonasa kembali memberikan kepercayaan kepada PT Semen Padang untuk memproduksi dan memasang Shell Kiln," ujarnya.

Workshop PT Semen Padang merupakan salah satu unit kerja di Departemen Bisnis Inkubasi Non Semen  di PT Semen Padang yang didirikan pada tahun 1986. Pada awalnya, workshop milik perusahaan semen pertama di Asia Tenggara ini memproduksi alat-alat transport seperti rubber belt conveyor, screw conveyor dan pneumatic gravity conveyor. 

Namun seiring berjalannya waktu, workshop PT Semen Padang dengan fasilitas yang tersedia kini bergerak di bidang manufaturing & konstruksi perlatan pabrik, overhaul motor, re-balancing dan lain sebagainya. (*/b/hms)

 
Top