Pdg. Panjang, Lintas Media News

SMP Negeri 6 Kota Padang Panjang gelar latihan dasar kepemimpinan. Latihan dasar kepemimpinan tersebut, dibuka secara resmi oleh Bapak Drs. Elfan, M.Pd sebagai Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang Panjang. 

Elfan, dalam hantaran singkatnya mengataka, bahwa kepemimpinan harus di siapkan dari awal dalam menghadapi Indonesia Emas pada tahun 2045. Sehingga, Siswa siswi SMPN 6 Padang Panjang siap untuk menghadapai tantangan globalisasi yang berkembang pesat.

Sebagai generasi emas, yang lahir dizaman teknologi yang berkemajuan perkembangan teknologi harus diimbangi dengan konsep yang jelas akan bentuk kepribadian. Dengan, mengikuti LDK ini, anak anak bapat pelajaran sesungguhnya tentang kepempinan, ujar Elfan. 

Sementara itu, Kepsek SMP Negri 6 Mujisirwanto, menjawab LintasMedia.News mengatakan, selaku kepala sekolah sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan ini. Dengan Latihaan Dasar Kepemimpinan ini nantinya pengurus OSIS memahami potensi diri, mampu membangun karakter serta memiliki sikap kepemimpinan yang mandiri dan percaya diri untuk tampil di khalayak ramai.

Sehingga, nantinya setelah program ini selesai maka semua kegiatan yang bersifat extra kurikuler dapat di percayakan pengelolaannya kepada pengurus OSIS dibawah bimbingan majelis guru terkait, harapnya.

“Program pelatihan ini, digelar setelah sebelumnya sudah ada kegiatan Motivasi Berprestasi untuk kelas 9 dalam rangka menyiapkan mental siswa dalam menghadapi Ujian Nasional yang tidak lama lagi bakal digelar. 

Lebih jauj Muji Sirwanto mengatakan, LDK OSIS, merupakan salah satu kegiatan yang diselenggarakan SMPN 6 Padang Panjang secara rutin setiap tahunnya dengan topik yang berbeda. Acara ini di ikuti oleh  perwakilan dari setiap kelas untuk diberikan pelatihan kepemimpinan agar mereka bisa mengimplementasikan ilmu yang mereka dapat sebelum menjadi pengurus OSIS di SMPN 6 Padang Panjang.

Kepemimpinan merupakan, suatu kiat dan kewibawaan yang mampu menggerakan orang lain, baik secara perorangan maupun kelompok didalam suatu organisasi, sehingga menimbulkan kemauan dan kemampuan untuk sesuatu dalam mencapai tujuan organisasi. 

Kepemimpinan, meliputi berbagai dimensi dan berfungsi sebagai salah satu piranti atau motor penggerak dalam memotivator sumber daya yang ada dalam organisasi, sehingga peran kepemimpinan diharapkan mampu mendinamisasikan organisasi untuk mencapai tujuan.

Demikian pula halnya dengan, kepengurusan OSIS yang berperan sebagai salah satu jalur pembinaan terhadap siswa, harus bisa mewujudkan tugas pokok dan fungsinya. 

Kemauan, dan kemampuan para pelaku kepemimpinan OSIS hanya dapat berperan dengan sebaik-baiknya apabila secara teratur, terencana dan berkesinambungan dilaksanakan pembinaan dan pengembangan bagi para pelaku kepemimpinan. 

Latihan Dasar Kepemimpinan bagi siswa pengurus OSIS, merupakan salah satu jalur pembinaan generasi muda yang difokuskan pada kompetensi individu dan kelompok dimana kader_kader penerus perjuangan bangsa bukan hanya slogan “Pemuda Harapan Bangsa”.

Kepemimpinan adalah sebuah keputusan dan lebih merupakan hasil dari proses perubahan karakter atau transformasi internal dalam diri seseorang. Jadi pemimpin bukan sekedar gelar atau jabatan yang diberikan dari luar melainkan sesuatu yang tumbuh dan berkembang dari dalam diri seseorang. 

Mengingat, pentingnya menumbuh kembangkan jiwa kepemimpinan siswa, Sekolah Menengah Pertama khususnya pengurus OSIS yang memang merupakan wadah tempat untuk melatih kemampuan berorganisasi khususnya jiwa kepemimpinan, pungkas Mujisirwanto. (maison pisano)

 
Top