Pdg. Panjang, Lintas Media News

Sebanyak 120 peserta dari Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) Jalur Pendidikan dan Masyarakat mengikuti audisi Ajang Pemilihan Duta Genre Tingkat Kota Padang Panjang tahun 2021. Audisi, dilaksanalan Ampitheater PDIKM, Sabtu (6/2) disambut antusias para peserta, yang pada umumnya remaja milemial harapan masa depan.

Steering Committe/Majelis Forum Duta Genre Padang Panjang, Zikril Husna menjawab LintasMedia.News mengatakan, pihaknya sudah membuka pendaftaran untuk pemilihan Duta Genre ini pada 6-31 Januari lalu dan pada 1-4 Februari dilakukan seleksi administrasi, berupa pengumpulan berkas. Yang 120 ini, sebelumnya telah lulus seleksi administrasi.

“Setelah audisi ini, akan diambil sebanyak 40 peserta (20 pasang putera dan puteri) terbaik untuk melakukan karantina sebelum menjadi bagian dari Duta Genre Padang Panjang 2021,” jelasnya.

Lebih lanjut Husna menerangkan, pada tahapan audisi ini, para peserta diinterview di enam posko yang telah disediakan. Di antaranya, posko public speaking, posko pengetahuan umum, posko pengetahuan Genre, posko wawasan kebangsaan, posko pengabdian dan organisasi, posko psikologi dan kejiwaan serta posko minat bakat.

“Untuk kriteria yang akan menjadi The Next Duta Genre, kami mencari yang bisa mengabdi. Dengan artian, mereka berkomitmen terhadap diri mereka sendiri dan mampu mengabdikan dirinya di Forum Genre Padang Panjang dengan sejumlah program yang nantinya akan dilaksanakan selama satu tahun menjabat. 

Selain komitmen, kami juga menilai dari segi kepribadian dan wawasan, sejauhmana mereka paham dengan Duta Genre dan isu-isu genre (generasi berencana-red) dan mereka juga mampu mengajak remaja di sekitarnya untuk kampanye menjauhi Triad KRR (Kesehatan Reproduksi Remaja),” paparnya.

Dikatakan Husna, setelah melalui proses audisi ini, para peserta akan mengikuti technical meeting pada 11 Februari dan proses pra-karantina serta karantina pada 14 Februari dan 22-24 Februari mendatang.

Insyallah, sesuai jadwal yang sudah ditetapkap panitia. Grand final akan digelar pada Kamis, 25 Februari di Auditorium Mifan Water Park,” pungkasnya. 

Sementara, Kadis DPPKBP3A. Osman Bin Nur ditemui secara terpisah mengatakan, ajang pilihan duta Genre tingkat Kota Padang Panjang, merupakan agenda rutin tiap tahun digelontorkan DPPKBP3A, berhubung tahun lalu Padang Panjang marak maraknya covid 19 banyak agenda tidak terlaksana. Adaptasi Kebiasaan Baru yang diterapkan pemerintah, berbagai kegiatan sudah mulai dilakukan. Namun, tetap dengan menerpakan protokol kesehatam yang ketat, ujar Sang Kadis. (maison pisano

 
Top