Sawahlunto, Lintas Media News

Walikota Sawahlunto Deri Asta meresmikan pemakaian Gedung UPTD Puskesmas Talawi. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Walikota Sawahlunto.

Deri Asta dalam sambutannya mengatakan, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya pembangunan Puskesmas Talawi. Pembangunan Puskesmas tersebut merupakan salah satu penjabaran Visi Misi dan janji kampanye pada saat Pilkada Kota Sawahlunto tahun 2018 lalu yaitu, peningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat. 

“Kita bersyukur 95 persen masyarakat Sawahlunto sudah masuk jaminan kesehatan BPJS karena preminya dibayarkan oleh APBD Sawahlunto,” kata Deri Asta pada saat Peresmian Pemakaian Gedung Puskesmas Talawi, Kamis (21/1), di Depan Gedung Puskesmas Talawi.

Menurut Deri, Gedung Puskesmas Talawi hendaknya dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. Standar pelayanan kesehatan di Puskesmas Talawi sudah dinilai terbaik maka diharapkan masyarakat di sekitar Talawi dapat berobat di Talawi. “Kita berharap di Talawi dapat dibangun Rumah Sakit tipe D sebab jumlah penduduk di Kecamatan Talawi mencapai 19 ribu jiwa.” 

“Mudah-mudahan pembangunan rumah sakit tipe D tersebut dapat segera terlaksana. Saya berharap rencana tersebut juga tertompang kepada masyarakat Talawi karena kita butuh lahan yang luas. Kita juga berharap dukungan Ninik mamak di Kecamatan Talawi sehingga lahan segera dapat tersedia,” harap Deri. 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Sawahlunto Yasril mengatakan, pembangunan Puskesmas Talawi sesuai dengan perencanaan dan tepat waktu. Pembangunan fasilitas kesehatan tersebut berasal dari dana DAK Dinas Kesehatan Kota Sawahlunto tahun 2020 sebesar Rp 10,5 milyar lebih. 

“Kita berharap fasilitas kesehatan masyarakat yang sudah rampung tersebut hendaknya dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh seluruh masyarakat Kecamatan Talawi yang jumlah penduduknya mencapai 19 ribu jiwa tersebar di 11 desa,” ujar Yasril. (nv'h)

 
Top