Tanah Datar, Lintas Media News

Pemerintah Kabupaten Tanah Datar berangkatkan 42 orang awak media yang bertugas di Luhak Nan Tuo, baik dari media cetak, online, radio / TV ke Provinsi Riau selama 4 hari. Kegiatan dimulai Minggu (13 – 16/12) 2020. Berangkat dari depan Gedung Promosi Tanah Datar. Rombongan wartawan melewati jalan darat yang menggunakan 2 armada bus wisata.


Keberangkatan rombongan jurnalis didampingi oleh Dinas Kominfo Drs. Abrar, Kabag Humas Drs. Yusrizal Sakeh, MM dan stakeholder, Kabag umum Drs. Suripto serta kepala kantor Inspektorat Drs. Altri Suwandi. Sekitar 42 orang wartawan Tanah Datar yang ikut melakukan studi komparatif ke kota Pekanbaru Provinsi Riau di era pandemi Covid-19 akan tetap melakukan tes swab untuk memenuhi Prokes (Protokol Kesehatan).


Pukul 20.00 WIB para awak media tiba di kota Pekanbaru yang berjulukkan lancang kuning, yang dilanjutkan ke penginapan hotel Grand Zuri yang terletak di jantung kota Pekanbaru.


Sesuai dengan kegiatan yang telah diagendakan di hari pertama Senin (14/12) melakukan kunjungan ke Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Kampar. Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Kampar Heri Hendra Mulya mengatakan, “Diskominfo dan Persandian Kabupaten Kampar merasa terhormat dan bangga atas silaturahi dan kunjungan dari rombongan wartawan Tanah Datar serta pendamping untuk berbagi informasi ke lembaga kominfo,” alhamdulillah kita dapat kehormatan di kunjungi semoga kita bisa berbagi informasi dan silaturahmi ini berlanjut menjadi persahabatan dan mohon maaf karena situasi pandemi Covid-19 pertemuan dibatasi hanya bisa untuk 25 personil,” ujar Herry.


Kabid Pengembangan Sumber Daya dan layanan publik Salmi mengatakan, “semenjak revormasi media seperti cendawan tumbuh dan begitu juga jumlah wartawan yang banyak berkompetisi dengan karya masing-masing. Kabupaten Kampar memiliki sampai 200 media, media cetak dan online, akhirnya seleksi alam saat ini berjumlah 100 media. Setelah melewati seleksi yang memenuhi persyaratan administrasi. Kampar diakomodir dan saat ini pihaknya juga menggunakan aplikasi dengan sistem E-Wartawan untuk bersinergi.


Kabag Humas dan Protokol Kabupaten Tanah Datar Drs. Yusrizal, MM ungkapkan, “Tanah Datar merupakan pusat kebudayaan Minangkabau dengan berbagai objek wisata alam maupun wisata budaya yang sangat layak untuk dikunjungi, salah satunya yang menjadi ikon wisata budaya yaitu Istano Basa Pagaruyung dan Nagari Terindah di Dunia Nagari Pariangan. Tujuan kunjungan yang diikuti 42 wartawan dari 70  waratawan yang tercatat di Tanah Datar ingin  tahu seperti apamanajemen Kominfo dalam bermitra dengan media para wartawan,” kata Yusrizal.


Sementara itu, Kadis Kominfo Tanah Datar Drs. Abrar yang turut mendampingi awak media saat itu kembali mengajak kawan-kawan dari Kabupaten Kampar untuk berkunjung ke Tanah Datar, mari kita mengunjungi Kabupaten Tanah Datar, karena pusat kebudayaan Minangkabau ada disana. Setelah itu dilanjutkan dengan tanya jawab.


Pemerintah Daerah Tanah Datar yang diwakili oleh Drs. Altri Suwandi memberikan sebuah cindera mata kepada sekretaris Dinas Kominfo Persandian Kampar.


Hadi kedua kunjungan dilakukan ke kantor Haluan Riau, gedung Riau Pers jalan Tuanku Tambusai Selasa (15/12). Kunjungan tersebut langsung dimpimpin oleh Pelaksana Tugas Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma, didampingi juga Kadi Kominfo Drs. Abrar, Kabag Humas Drs. Yusrizal, Kaban BPBD Tanah Datar Thamrin dan Inspektorat Altri Suwandi.


Rombongan awak media disambut langsung oleh pimpinan perusahaan Haluan Riau Jefri bersama pimpinan redaksi Haluan Riau Doni Rahim, serta pimpinan redaksi Haluanriau.co Eka Buana Putra. Rabu (16/12) rombongan wartawan Tanah Datar cek out dari hotel Grand Zuri Pekanbaru dan bersiap-siap menuju Batusangkar. (YEN)


 

 
Top