Jakarta, Lintas Media News

Radio masih memiliki tempat di hati pendengarnya bahkan di masa pandemi seperti saat ini. Survey Nielsen menunjukkan jumlah pendengar radio di bulan April-Juni 2020 untuk Jakarta mengalami kenaikan lebih dari setengah juta pendengar. Begitu pula jumlah pendengar di 10 kota di Indonesia mengalami kenaikan lebih dari satu juta pendengar dari periode Januari -Maret 2020 (sebelum pandemi).

Data Radex (Radio Advertising Expenditure) yang dibangun dan diterbitkan PRSSNI (Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia) di bulan Desember ini diharapkan dapat memberikan gambaran seberapa besar industri radio masih dipercaya oleh pengiklan untuk mempromosikan produknya.

Realisasi belanja iklan radio periode Januari hingga Oktober 2020 sebesar Rp947 miliar memperlihatkan bahwa belanja iklan radio di setiap bulan pada periode tersebut mengalami naik-turun. Kabar baiknya adalah pada September dan Oktober 2020 memperlihatkan adanya tren positif dimana belanja iklan radio mengalami kenaikan mendekati pencapaian di bulan Januari 2020. 

Data Radex PRSSNI menunjukkan Produk Minuman, Produk Kesehatan dan Sosialisasi Program Pemerintah merupakan 3 kategori produk yang paling banyak beriklan di radio selama periode Januari-Oktober 2020.

Ketua Umum PRSSNI Erick Thohir berujar, data Radex yang dikeluarkan oleh PRSSNI mencakup hampir 60% dari jumlah kota yang memiliki Kepengurusan Daerah PRSSNI, dengan jumlah radio yang dimonitor sebanyak 20% dari 580 radio anggota PRSSNI. Dan PRSSNI akan terus berupaya memperbanyak jumlah kota dan jumlah radio agar data Radex bisa semakin mewakili nilai belanja iklan radio yang sesungguhnya.

Pada ulang tahun ke-46 yang jatuh pada tanggal 17 Desember 2020; PRSSNI sebagai organisasi radio siaran swasta yang eksis dan berizin yang terbesar di Indonesia juga mengadakan Edisi Spesial ZOOMPA yaitu kegiatan ngobrol bareng radio siaran se-Indonesia yang membahas beragam topik diskusi untuk memajukan radio melalui platform Zoom Webinar.

Presiden Joko Widodo turut mengapresiasi eksistensi radio di Indonesia dengan memberikan ucapan selamat ulang tahun dan ungkapan terima kasih kepada seluruh radio swasta di Indonesia yang telah menjadi partner efektif bagi Pemerintah Indonesia dalam memerangi pandemi Covid-19.

Selain itu, juga ada ucapan selamat ulang tahun kepada seluruh anggota PRSSNI dari Ketua Umum PRSSNI, Erick Thohir yang mengungkapkan bahwa PRSSNI telah mengambil posisi strategis sebagai partner pemerintah, dalam berkolaborasi memerangi Covid-19. 

Dan juga ungkapan terima kasih atas dukungan yang telah diberikan oleh pendengar radio Indonesia beserta seluruh stakeholder industri Radio Indonesia. Dalam rangka HUT Ke-46, PRSSNI juga menyelenggarakan Lomba Iklan Layanan Masyarakat (ILM) RADIOLAWANCOVID19. Lomba ini khusus bagi Radio Anggota PRSSNI serta Lomba ILM terkait Sosialisasi TIGA M; mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak untuk para pendengar radio dengan total hadiah puluhan juta rupiah.

Untuk info lebih lanjut mengenai PRSSNI, dapat diakses melalui website www.radioindonesia.co.id dan juga social media IG:@prssni2019. PRSSNI Pusat: Gedung Dewan Pers, Jl. Kebon Sirih No.32-34, RT.11/RW.2, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110. (rls)

 
Top