Pdg. Panjang, Lintas Media News

Dalam rangka memperingati HUT Kota Padang Panjang yang ke 230, Forum Anak Kota Padang Panjang, gelar berbagai  kegiatan lomba, Diantaranya, lomba Solo Song, debat issu anak,  Video Vlog, Komika. 

Ratusan peserta, berasal dari jenjang pendidikan menengah( SLT )- lanjutan atas(SLTA), antusias dalam mengikuti berbagai lomba yang diadakan. Acara,  yang digelar di Aula DPPKBP3A, digelar selama dua hari, Rabu/Kamis(26/11) bertemakan. "Melalui Kreatifitas dan Inovasi Anak Kota Padang Panjang tentang Covid-19. Pjs Bupati Pasbar Kita Cegah Penyebaran Covid 19 Dalam Rangka Mengujudkan Peremppuan Berdaya  Anak Terlindung Padang Panjang Maju.

Terselenggaranya,  acara forum anak ini, berawal dari audiendi anak anak dengan Walikota beberapa waktu lalu. Diakhir audiensi, walikota Fadly Amran menantang anak anak untuk menggelar acara lomba dalam rangka memperingati Hut Kota Padang Panjang, ujar Kasi Pelayanan Anak DPPKBP3A,  Euis Hartati menjawab, LintasmediaNews diruang kerjanya.

Meskipun, ditengah pandemi Covid-19 seperti saat sekarang ini, dimana banyak hal kegiatan yang dibatasi untuk dilakukan, akan tetapi tidak menutup celah anak-anak Padang Panjang,  untuk tetap berkreasi dan berinovasi.

“Ini menandakan anak-anak Padang Panjang sudah mendapatkan hak-hak mereka sebagai generasi bangsa,” Meski, wabah pandemi belum sepenuhnya hilang dari bumi Serambi Mekah. Namun, dalam menggelar acara anak anak tetap dalam tatanan protokol kesehatan, memakai masker, tidak berkerumun, jaga jarak walaupun acara digelar dalam ruangan, ujar Euis Hartati. 

Menurutnya, salah satu hal yang paling penting adalah bagaimana anak-anak bebas dalam menyampaikan aspirasinya. Mengingat anak yang dapat berkembang dengan baik adalah anak yang secara bebas dapat menuangkan segala imajinasinya.

Bukan membangga-banggakan Forum Anak Kota Padang Panjang, dengan segala prestasinya. Pada tahun 2019 lalu, forum anak Kota Padang Panjang masuk 10 terbaik Kabupaten kota se indonesia, menjadi Pembina forum anak terbaik dan forum anak terbaik di Indonesia,ujar Euis Hartati.  

“ Pada tahun 2018 yang lalu, Padang Panjang untuk pertama kalinya mendapatkan predikat penghargaan sebagai salah satu Kota Layak Anak,” serta, berbagai penghargaan telah diraih forum anak kota Padang Panjang, mulai dari penghargaan tingkat Pronvinsi dan pusat. 

Disampaikan, bahwa forum anak ini diisi oleh anak-anak atau siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan membuat berbagai kegiatan melalui dana swadaya dan sumbangan.

“Untuk kegiatan forum anak ini tidak ada didalam mata anggaran kita. Namun forum anak ini tetap bisa eksis. Hal itu menandakan bahwa forum anak ini sudah mampu berkreasi bahkan lomba tetap dapat digelar, berkat kegigihan anak anak dalam mengujudkan keinginanya. 

Ketua forum anak kota Padang Panjang Sony Muhammad Rafi, dihubungi secara terpisah mengatakan,  selakunketua Forum Anak Kota Padang Panjang, sangat berterima kasih sekali pada Dinas PPKBP3A, yang sudah memfasilitasi acara lomba ini. Artinya, pandemi dan libur sekolah kita tidak bisa berbuat apa apa.  Kegiatan forum anak dalam satu tahun ini, nyaris fakum dari berbagai kegiatan. Dengan,diadaknya lomba ini, sedikit banyaknya dapat mengobati kerinduan akan teman teman yang tergabung dalam forum anak kota Padang Panjang, terang Rafi Muhammad. (maison pisano)
 
Top