Padang, Lintas Media News

PT Semen Padang terus menunjukkan konsistensinya dalam mendukung ketersediaan darah di PMI Kota Padang. Kali ini, dukungan tersebut diwujudkan melalui kegiatan donor darah yang digelar di Gedung Serba Guna (GSG) PT Semen Padang, Rabu (14/10/2020)

Donor darah yang digelar PT Semen Padang dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila itu bekerjasama dengan Unit Transfusi Darah PMI Kota Padang dan dilaksanakan dengan standar protokol COVID-19.

"Kami senang sekali dengan kegiatan donor darah ini. Meski pandemi, PT Semen Padang tetap menggiatkan kegiatan donor darah bagi karyawan/ti Semen Padang group," kata Kepala Unit Transfusi Darah PMI Kota Padang Widyarman saat ditemui di GSG Semen Padang.

Pria yang akrab disapa dr Wide itu menyampaikan bahwa donor darah yang digelar PT Semen Padang ini, sangat berarti sekali bagi PMI Kota Padang, karena di tengah pandemi saat ini, jumlah pendonor menurun hingga 50 persen perharinya. Sementara kebutuhan darah terus meningkat.

Ia berharap, perusahaan atau intansi lain yang ada di Kota Padang, dapat menggelar kegiatan donor darah seperti yang dilakukan oleh PT Semen Padang secara rutin, supaya PMI Kota Padang dapat memenuhi kebutuhan darah bagi rumah sakit-rumah sakit.

"Selama ini untuk mengatasi kebutuhan darah di rumah sakit, kami meminta darah pengganti dari kekuarga pasien. Ini kami lakukan untuk mengantisipasi kekurangan stok darah di PMI Kota Padang. Jadi, kami berharap dukungan dari instansi atau perusahaan lain yang ada di Padang," katanya berharap.

Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan PT Semen Padang Oktoweri mengatakan, donor darah ini merupakan kegiatan rutin perusahaan yang diadakan 4 kali dalam setahun. Namun di masa pandemi ini, pihaknya terbatas untuk mengadakan donor darah. "Donor darah hari ini merupakan yang kedua kali diadakan pada tahun ini," katanya. 

"Sebelumnya diadakan pada Juni kemarin. Saat ini, kita memang belum tahu kapan pandemi ini akan berakhir, namun ke depan akan kami usahakan bisa 4 kali setahun, karena donor darah ini program unggulan rutin perusahaan," kata Oktoweri.

Kepala Unit CSR Semen Padang Muhamad Ikrar menyebut bahwa donor darah ini banyak manfaatnya. Tidak hanya untuk kesehatan saja, tapi juga untuk aspek spritual. 

"Donor darah ini sama dengan bersedakah. Bagi pendonor ini berkah sekali, apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini," ujarnya.

Di samping itu, tambah M. Ikrar, donor darah ini digelar oleh PT Semen Padang secara rutin, juga bertujuan untuk memutus kemungkinan adanya jual beli darah yang tentunya, sangat memberatkan pasien maupun keluarganya.

"Kalau jual beli itu terjadi, maka ibarat jatuh tertimpa tangga bagi pasien dan keluarganya. Terkadang, hal seperti ini tidak dapak dihindari oleh pasien ketika membutuhkan darah di saat ketersediaan darah menipis. Makanya, donor darah ini menjadi kegiatan rutin perusahaan," pungkas Ikrar. (*/b/hms)
 
Top