PASBAR.Lintas media News.
Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat Nasrul Abit Datuak Malintang Panai bersama rombongan mengunjungi langsung nagari yang terkena bencana alam banjir di Ujuang Gading Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat, Kamis (17/9/2020).

Hujan lebat yang mengguyur wilayah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) hari Jumat (4/9/2020) yang lalu menyebabkan puluhan rumah penduduk Jorong Irian dan Jorong Teluk Embun, Nagari Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang direndam banjir dengan ketinggian mencapai atap rumah warga.

Dalam kunjungan itu, Wagub Sumbar dan rombongan juga mendatangi beberapa rumah korban banjir dan juga meninjau kondisi jembatan putus akibat banjir tersebut.

Disambut ratusan warga Jorong Irian, Nasrul Abit sangat prihatin dengan musibah yang terjadi. Banyak keluhan yang mereka sampaikan pada Wagub Sumbar.

"Semua apa yang disampaikan warga disini, Insya Allah menjadi perhatian pemerintah. Mudah-mudahan akan kita sikapi bersama Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat," ucap Nasrul Abit.
Tujuan utama Pemprov Sumbar dan rombongan menyaksikan langsung dampak musibah bencana alam untuk mengindentifikasi dampak kerusakannya dan memastikan langsung apa yang menjadi kebutuhan utama warga.

"Yang terpenting warga disini aman dulu dari banjir, nanti Pemprov Sumbar akan bantu 100 bronjong untuk menahan arus air," ujar Nasrul Abit.

Nasrul Abit mengatakan pemerintah provinsi juga akan terus berupaya mencari bantuan dana dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) atau Kementerian PU untuk memperbaiki sarana dan prasarana yang rusak akibat banjir, termasuk jembatan. 

Pada kesempatan itu, Nasrul Abit bersama Kabid Kedaruratan dan Logistik Daerah BPBD Sumbar Rumainur menyerahkan bantuan siap pakai dari pusat sejumlah Rp150 juta kepada kepala pelaksana BPBD Pasaman Barat Edi Busti.

"Untuk pembangunan jembatan akan dibiayai Belanja Tak Terduga (BTT) Kab Pasbar dan sementara hari ini kita bantu berupa sembako untuk 100 kepala keluarga yang terkena bencana banjir," tukasnya.

Selain itu Kalaksa BPBD Pasaman Barat Edi Busti mengucapkan terima kasih pada Pemrov Sumbar dan semua pihak yang telah memberikan bantuan. "Alhamdulillah, bantuan ini segera kami serahkan sesuai data kebutuhan korban banjir," sebutnya.

"Mudah-mudahan dengan hadirnya Wagub Sumbar beserta rombongan ini menjadi sitawa sidingin bagi warga disini," tambahnya.(b/rel)

 
Top