JAKARTA .Lintas Media News.
Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI daerah pemilihan Sumatera Barat H Alirman Sori menyampaikan ucapan belasungkawa yang mendalam atas wafatnya Bupati Tanahdatar H. Irdinansyah Tarmizi.

Meskipun Alirman Sori mengaku mengetahui almarhum sakit sejak beberapa waktu, namun masih merasa tidak percaya atas kepergian seniornya tersebut.

"_Inna lillahi wa inna ilaihi raji'uun_. Memang beliau sakit sudah berapa lama, tapi masih tidak percaya mendapat kabar kepergian beliau," ungkapnya.

Alirman Sori mengungkapkan, almarhum Irdinansyah Tarmizi adalah seniornya pada saat masih bersama di Partai Golkar. Dia memanggil almarhum dengan sebutan _Uda_ (kakak laki - laki).

"_Uda_ Ir (Irdinansyah, red) adalah sosok pemimpin panutan. Beliau rendah hati," ungkapnya.

Almarhum adalah tokoh kharismatik dengan pembawaan tenang dan tidak mudah panik menghadapi berbagai persoalan. Alirman mengaku banyak menimba pengalaman dari almarhum dalam meniti karier politik dan merasakan kedekatan emosional yang sangat erat.

Alirman yang juga Ketua Umum Persatuan Keluarga Pesisir Selatan (PKPS) ini menambahkan, sebagai _"Urang Sumando"_ Pesisir Selatan, almarhum Irdinansyah Tarmizi juga memberikan perhatian besar kepada kegiatan warga Pesisir Selatan khususnya di Tanahdatar. Isteri almarhum, Hj Darmiyati Anwar berasal dari Koto XI Tarusan, Pesisir Selatan.

"Secara pribadi, dan sebagai Ketua Umum PKPS, merasakan kehilangan dan duka cita yang mendalam atas kepergian beliau. Selamat jalan, _Da_ Ir! Insyaallah husnul khatimah," ungkapnya.

Kabar duka meninggalnya Bupati Tanahdatar H. Irdinansyah Tarmizi pertama kali beredar melalui pesan aplikasi whatsapp, Sabtu malam.

"_Inna lillahi wa inna ilaihi raji'uun!_ Telah berpulang ke Rahmatulllah Drs. H. Irdinansyah Tarmizi (Bupati Tanah Datar), Sabtu 19 September 2020 pada jam 19.55 Wib di RS. M. Djamil Padang. Semoga Allah SWT mengampuni segala kesalahan dan menerima semua amalan Almarhum. Aamiinn...," demikian pesan tersebut sampai kepada wartawan.

Kabar duka itu dibenarkan oleh Kepala Bagian Humas Pemkab Tanahdatar Yusrizal. Menurutnya, almarhum meninggal pada saat menjalani perawatan di RSUP M Djamil, Padang." Beliau meninggal dalam perawatan. Beberapa hari lalu kondisi beliau drop dan menjalani perawata di rumah sakit," kata Yusrizal.

Irdinansyah meninggal dalam usia 63 tahun, meninggalkan seorang isteri dan dua orang anak. Almahum adalah juga mertua dari anggota DPR RI Ade Rizky Pratama.

Politisi Golkar lahir pada 13 Maret 1957. Menjabat bupati Tanahdatar sejak tahun 2016, terpilih dalam Pilkada bersama pasangannya Zuldafri Darma untuk periode 2016-2021. Sebelumnya, menjadi wakil bupati mendampingi Sadiq Pasadique setelah Hendri Arnis maju dan terpilih sebagai wali kota Padangpanjang.

Saat terpilih sebagai wakil bupati, Irdinansyah merupakan anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat dari Fraksi Golkar. Almarhum menjadi anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat dua periode, 2004 - 2009 dan 2009 - 2014. Sebelum itu, Irdinansyah menjadi anggota DPRD Kota Padang selama beberapa periode sejak tahun 1992. (Rel/St)

 
Top