Padang Pariaman, Lintas Media News
 Setelah melalui semangat kebersamaan dan pemilihan cukup tegang dan sengit Musyarawah Forum Walinagari Sekabupaten Padang Pariaman 66 orang Walinagari yang hadir dari  103 Walinagari sekabupaten Padang Pariaman akhirnya Hilman Wali Nagari Lubuk Alung berhasil terpilih sebagai Ketua Forum Wali Nagari untuk priode 2020 - 2024.

Hilman terpilih dari 63 orang pemilih mendapatkan suara terbanyak 24 suara dari 8 orang yang calon yang telah ditetapkan sesuai kesepakatan peserta yang hadir karena sesuai keputusan bagi Wali Nagari yang tidak hadir tidak mendapatkan hak pilih kendati ada mengirimkan wakil atau utusan yang dikirimkan.

Dalam musyawarah Forum Walinagari yang berlangsung di Balairung Anai Resort pada Sabtu 19/9/2020 Kayutanam, Kabupaten Padang Pariaman, Propinsi Sumatra Barat ditetapkan oleh pimpinan sidang dan juga disetujui oleh Peserta yang hadir dengan sistim pemilihan untuk para calon dimunculkan utusan dari 17 Kecamatan dan tersaring hanya 10 calon Walinagari yang resmi ikut berlaga, sedangkan 2 calon lainnya dengan hati ikhlas mengundurkan diri.
Dari 8 nama yang resmi diapungkan untuk dipilih menjadi ketua Forum Walinagarj, akhirnya pemilihan yang dilaksanakan dengan terbuka dengan menggunakan kertas yang disediakan Panitia pemilihan dan setiap peserta wajib mengisi dan memberikan nama dari 8 calon Ketua Forum Walinagari.

Berkat kegigihan Tim bayangan yang dibentuk oleh 8 kandidat, akhirnya pertarungan yang fair, tapi melelahkan diraih oleh Hillman H merupakan Walinagari Lubuk Alung dengan perolehan tertinggj 24 sura shah yang dibayangi oleh Kardimon dengan 22 sura kemudian Edwarman 6 suara, Jarizal 6 suara, Maryono 2 suara, Masyawarah O , Azwar Mardin 2 suara dan terakhir 1 suara untuk Yulnanda.

Pada pembukaan Musyawarah Forum Walinagari, Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni meminta hendaknya Forum Walinagari menjadi pemersatu dalam rangka guna meningkatkan pembangunan. Dan bukan sebaliknya tempat perpecahan antar sesama Walinagari.
,” Untuk itu jadikan sebuah dinamika yang berkembang sebagai sarana pemersatu untuk menuju kebersamaan. Walinagari bukanlah pemerintahan terendah, namun kini telah menjadi garda terdepan yang bila disusuri perjalanannya hampir mendekati 24 jam hanya untuk melayani maayarakat dengan sepenuh hati,” terang Bupati yang bakal calon Wakil Gubernur Sumbar pada Pilkada 9 Desember 2020.

 Ketua Forum Walinagari terpilih periode 2020 – 2024 Hilman H saat di temui usai pemelihan  mengungkapkan akan tetap melanjutkan program kerja pengurus yang lama baik untuk peningkatan sumber daya manusia maupun peningkatan sumber dana untuk Nagari.
Yang jelas dan utama, kata Hilman H kita berusaha seoptimal mungkin menjalin kerjasama yang baik kepada pemerintah daerah Kabupaten dan Propinsi Sumatra Barat.

,” Saya sangat berharap kepada seluruh Walinagari untuk bersama kita membangun dan membesarkan
Forum ini,” ungkapnya. ( NT)
 
Top