Sawahlunto, Lintas Media News

Kota Sawahlunto kembali mengalami penambahan jumlah kasus positif covid-19 menjadi 21 kasus. Penambahan kasus tercatat karena adanya aktivitas orang dari daerah terjangkit luar Sawahlunto.

Sekretaris Satgas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kota Sawahlunto Adriyusman membenarkan ada penambahan kasus positif, sebelumnya 18 kasus menjadi 21 kasus. Penambahan ini terjadi akibat adanya mobilisasi warga Kota Sawahlunto keluar daerah. 

“Tercatat satu orang anggota Polres Sawahlunto Briptu (H) positif covid-19 setelah pulang melaksanakan perjalanan dinas ke Jakarta dan yang bersangkutan dikarantina di BDTBT (Balai Diklat Tambang Bawah Tanah) Sungai Durian Sawahlunto,” ujar Adriyusman melalui saluran selulernya, Minggu (16/8).

“Satu orang warga Silungkang berinisial (AM) juga dinyatakan positif setelah melakukan riwayat perjalanan dari Pekanbaru Provinsi Riau dan yang bersangkutan dirawat di Rumah Sakit Semen Padang.  Selanjutnya, warga Talawi berinisial (DV)  juga dinyatakan positif, berprofesi sebagai tukang ojek dan saat ini dirawat di RSUD M. Jamil Padang," ujarnya. 

Untuk sementara data keseluruhan kasus positif tercatat 21 orang, sembuh 10 orang,  yang dirawat di BDTBT Sungai Durian 8, dan yang dirujuk ke Padang ada 3 orang (2 orang dari kasus baru dan 1 orang dari kasus yang lama).

Menurut Adriyusman, untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid-19 maka sejak adanya hasil laboratorium Unand Padang,  Sabtu (15/8) pagi yang menyatakan 2 sampel positif covid 19, maka pihaknya langsung melakukan tracking terhadap pasien positif covid-19 dari daerah Talawi dan Silungkang serta diharapkan kepada masyarakat yang merasa telah berkontak langsung dengan pasien positif untuk segera melapor kepada Satgas dan dilanjutkan untuk tes SWAB di BDTBT Sungai Durian.

“Pada Sabtu kemarin kami melaksanakan tes SWAB untuk 56 orang yang berkontak langsung dengan  pasien yang positif. Dari Talawi ada 51 orang telah dilakukan tes SWAB dan dari Silungkang ada 4 orang yang tes SWAB. Hasilnya kemungkinan akan keluar pada hari selasa (18/8), dan untuk hasil tes SWAB dari Polres Sawahlunto yang telah dilaksanakan hari jumat (14/8) akan keluar hari ini minggu sore (16/8)," katanya.

Adriyusman menghimbau seluruh masyarakat Sawahlunto yang berpergian keluar kota agar segera melapor ke Satgas Sawahlunto agar dilakasanakan tes SWAB. Dan untuk masyarakat yang telah berkontak langsung dengan pasien positif  covid 19, jangan merasa takut untuk melaksanakan tes SWAB. Sebab tes SWAB tersebut tidak menyakitkan dan peralatan yang digunakan steril. Juga bagi siapapun yang telah menjalani tes SWAB jangan keluar rumah dulu sampai hasil dari tes SWAB tersebut  keluar. (nv'h/hms)

 
Top