Payakumbuh.Lintas Media News.
Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit melakukan peninjauan lokasi Peternak Ayam Edvam yang dikelola oleh Jhon Edi di Jorong Gelugus Kenagarian Sungai Talang, Kecamatan Guguak, Kabupaten Limapuluh Kota, Selasa (21/7/2020).

Nasrul Abit mengungkapkan bahwa Jhon Edi mempunyai 100 ribu ekor ayam, 90 persen menghasilkan telur. Ini adalah suatu potensi yang luar biasa karena kabupaten Limapuluh Kota sekarang ada 6 juta ayam diperkirakan uangnya berputar disektor perternakan tersebut adalah 30 miliyar.

"Untuk itu tentu kita perlu menunjang dari pada sarana infrastuktur karena jalan-jalan yang mengarah kesini jelek, ini yang pertama perlu diperhatikan, karena mereka pengusaha pribumi asli di Nagari Sungai Talang yang perlu jadi perhatian bersama," ujar Nasrul Abit.

Selanjutnya Nasrul mengatakan ini perlu tata ruang tersendiri karena lokasi ini sudah jauh dari kampung perumahan penduduk dan dikawatirkan sewaktu-waktu masyarakat kekurangan lahan sehingga mendesak ke daerah ini. 

Jadi untuk keamanan dan kesehatan masyarakat juga perlu ditata ruang khusus terutama di kabupaten Limapuluh Kota  agar dapat berkembang dengan cara dibuat tata ruang tersendiri.

"Dan secara ekonomi ini sangat menguntungkan peternak karena ada perputaran uang sehingga tentu akan ada multiefek kepada masyarakat," katanya

Wagub Sumbar itu juga katakan, peternakan ayam ini adalah salah satu alternatif untuk dikembangkan di kota kabupaten lain terutama daerah-daerah yang ekonominya masih belum kuat atau yang kurang mampu terutama daerah miskin.
Peternakan ayam ini potensi yang perlu digarap adalah penanaman jagung karena lahan-lahan tidur sekarang harus dimanfaatkan untuk menanam jagung, karena kebutuhan jagung akan pakan ternak saja 450 Ton perhari di daerah ini.

"Untuk itu semua lahan-lahan tidur yang ada disumatera barat ini segera kita bangkit dan kita pulihkan ekonominya dalam pasca Covid-19 ini. dengan cara menanam jagung karena kebutuhan jagung luar biasa, sebagai pakan ternak dan kebutuhan lainnya yang bisa dimanfaatkan," ajaknya Nasrul Abit.

Nasrul Abit ingatkan masyarakat juga bisa memanfatkan lahan kosong untuk menanam jagung untuk pakan ternak ayam petelur, karena bisnis peternak ayam layer atau petelur yang dinilai memiliki prospek bagus.

Beternak ayam petelur memiliki beberapa keunggulan dibandingkan ayam pedaging, yaitu dalam hal memberikan pendapatan yang lebih stabil dan masa produktif yang lebih lama. Ayam petelur cenderung memberikan pendapatan yang lebih stabil karena telur bisa dihasilkan setiap hari.

"Untuk itu masyarakat bisa memanfatkan lahan kosong untuk menanam jagung untuk pakan ternak ayam petelur, Yang bisa kita tanam kita pelihara dan bisa untuk meningkatkan ekonomi, sehingga kita segera keluar dari pasca covid-19 yang sangat menderita masyarakat dibidang ekonomi,"imbuh Nasrul Abit.

Jhon Edi juga mengungkapkan rasa senang dan bangganya akan kunjungan Nasrul Abit kelokasi usaha ternaknya walaupun kondisi jalan yang jelek.

"Walaupun jauh dari perkampungan dan jalan yang kurang baik pak Nasrul Abit tak egan sedìkitpun mengunjungi kami. Semoga kunjungan beliau memberikan kebaikan bagi kami dan kebaikan juga bagi kemajuan pembangunan Sumatera Barat ke depan," sebutnya bangga.(rel)
 
Top