Padang Pariaman, Lintas Media News.
Menteri Desa PDTT Dr. Abdul Halim Iskandar, M.Pd tidak bisa menyembunyikan rasa bangganya ketika mengunjungi Embung Sungai Abu, Nagari Toboh Gadang, Kec. Sintuk Toboh Gadang, Padang Pariaman, Jum'at (24/7). Embung yang disulap menjadi tempat wisata itu, kini ramai dikunjungi oleh masyarakat setiap hari libur.

"Saya senang  embung ini sudah difungsikan oleh Nagari Toboh Gadang. Selain berfungsi sebagai pengendali air, embung juga telah dikelola menjadi destinasi wisata yang merupakan salah satu usaha Bumnag, ke depan juga bisa jadi arena pemancingan," kata Menteri Desa Abdul Halim Iskandar di sela-sela melepas 10.000 ekor bibit ikan di Embung Sungai Abu ini.

Untuk pembangunan Embung Sungai Abu seluas 2,5 hektar ini, Kementrian Desa PDTT telah mengucurkan dana sebesar Rp920 juta tahun 2018. Kemudian untuk melengkapi fasilitas dan pembenahan kawasan embung dikucurkan lagi program inkubasi inovasi desa serta, pengembangan ekonomi lokal sebesar Rp1,2 miliar pada tahun 2019. "Alhamdulillah dana yang kami kucurkan dapat dimanfaatkan masyarakat dengan baik," kata Menteri Desa PDTT yang akrab disapa dengan Gus Menteri ini.

Dalam masa kenormalan baru Covid-19 ini, Kementerian Desa PDTT akan fokus menguatkan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) atau Bumnag. Karena Bumdes diharapkan menjadi penggerak perekonomian masyarakat pasca pandemi Covid-19. "Kita upayakan penguatan Bumdes terutama Bumdes yang bergerak di usaha wisata dan ketahanan pangan, ini akan disupport oleh Kementerian Desa," kata Abdul Halim Iskandar.
Akibat pandemi Covid-19, puluhan ribu Bumdes terkena dampak, terutama yang bergerak dalam bidang wisata. Inilah yang akan dikuatkan. "Saat ini ada 10.626 Bumdes yang masih bertahan dan eksis di seluruh Indonesia, sedangkan puluhan ribu Bumdes lainnya terdampak Covid-19 dan harus dikuatkan lagi," kata Gus Menteri.

Menteri Desa PDTT datang ke Embung Sungai Abu Toboh Gadang didampingi oleh Dirjen Pengembangan Kawasan Transmigrasi Nurdin, Dirjen PK2 Transmigrasi Hari dan sejumlah pejabat dari Kementerian Desa PDTT.

Menyambut dan mendampingi kunjungan menteri ini adalah Gubernur Sumbar diwakili Kadis PMD Sumbar Drs. H. Syafrizal Ucok, MM Datuak Nan Batuah, Bupati Padang Pariaman diwakili Sekda Jon Priadi, Anggota DPD RI DR. Alirman Sori, SH.,M.Hum., Ketua DPW PKB Feby Dt. Bangso Putiah, Forkopimda Padang Pariaman, Anggota DPRD Sumbar Firdaus, Ketua TP PKK Ny. Rena Ali Mukhni, Korprov PMD Sumbar Ir. Feri Irawan, M.Si., Kabid Pemerintahan Desa PMD Drs. Azwar, M.Si., Kabid Kelembagaan PMD Dra. Hendrawati Roza, M.Si dan Kadis PMD Padang Pariaman Drs. Erman.

Kadis PMD Sumbar Syafrizal Ucok mengatakan, kunjungan Menteri Desa ke Embung Sungai Abu adalah bentuk apresiasi pemerintah pusat terhadap nagari-nagari yang mampu berinovasi dan jeli memanfaatkan potensi nagari seperti Nagari Toboh Gadang, Kabupaten Padang Pariaman ini.

"Nagari di Sumbar memiliki keunggulan dan potensi masing-masing. Kita harapkan Wali Nagari jeli melihat peluang dan berinovasi. Saya minta agar Wali Nagari memanfaatkan pendamping desa dan tenaga ahli secara maksimal dalam pembangunan di nagari," kata Syafrizal Ucok. (*)
 
Top