Padang Panjang, Lintas Media News. 
Dinas Pemuda Olahrga dan Periwisata kota Padang Panjang, gelar kegiatan Pelatihan Tata Kelola Homestay Dana Alokasi Khusus (DAK) Pelayanan Kepariwisataan Tahun 2020. Pelatihan digagas bidang Pariwisata tersebut, dibuka oleh Walikota Padang Panjang Bapak Fadly Amran BBA, Datuak Paduko  Malanlo, didampingi oleh Kepala Dinas PORAPAR, Drs.  Maiharman, Sekretaris Dinas Porapar Hendra Putra,S. ST,MT bertempat di Auditorium Mifan Waterpark, Silaing Bawah, Padang Panjang Barat,  kota Padang Panjang

Kegiatan ini merupakan salah satu strategi pemerintah kota Padang Panjang dalam menggalakkan pariwisata berbasis masyarakat.
Pelatihan ini, ditujukan bagi pelaku industri akomodasi dan perwakilan kelompok sadar wisata dikota Padang Panjang dengan jumlah peserta sebanyak 50 orang. 
Dengan harapan, para pengelola dapat meningkatkan kualitas tata kelola homestay dan kapasitas masyarakat pelaku usaha, ujar, Maiharman.

Pelaksanaan kegiatan, selama tiga hari yang diawali dari tanggal 28 s/d 30 Juli 2020  ke depan, selama pelatihan peserta akan dibekali  oleh nara sumber yang kompeten di bidangnya.

Sementara Walikota Padang Panjang, Bapak Fadly Amran BBA, Datuak Paduko  Malano, memberikan apresiasi kepada pengelola homestay dan penginapan yang turut berkontribusi dalam memberikan aminitas atau fasilitas bagi wisatawan yang berkunjung ke Padang Panjang. 

Seiring dengan itu, Walikota menyadari sepenuhnya, bahwa wabah Covid 19 sangat mempengaruhi sektor penginapan dan pariwisata, dimana terjadinya penurunan tingkat hunian yang sangat dratis baik hotel, wisma, homestay maupun objek wisata. 

Menyikapi hal tersebut, Walikota mengajak para peserta  untuk memiliki rasa optimistis bahwa badai ini akan berlalu. Dan Pemko Padang Panjang terus berupaya maksimal untuk mendatangkan kunjungan ke Padang Panjang dengan menggelar event-event baik skala regional maupun nasional. 

Untuk itu, Walikota menyarankan kepada para pelaku untuk suatu rumus "Less is More" dalam menata lingkungan  homestay/penginapan terutama pada bagian ruangan.

Adapun Strtegi yang harus dilakukan dalam memasarkan  Homestey menurut Wali Kota Padang Panjang Bapak Fadly Amran BBA, adalah,
harus membrending sebuah usaha dengan membuat Profil Bisnis,
mengenali pasar dengan cara melakukan riset dalam menemukan pangsa pasar yang cocok, dengan kekuatan Homestey yg dimiliki.
Promosi dan Pemasaran, cencar dalam promosi, serta bersaing dengan harga. 

Apabila, semua diatas dudah dilakukan dengan baik dan benar.  Kita yakin, usaha pariwisata dan usaha penginapan pasti akan ducari banyak orang.  Pelayanan yang ramah, menjadi jaminan akan sebuah usaha. Sebesar apa pun usaha,  bila menagemenya tidak dikelola oleh secara profesional. Yakinlah, akan susah dalam bersaing,ujar Sang Walikota.(maison pisano)
 
Top