Pdg. Panjang, Lintas Media News
Pemerintah Kota Padang Panjang, bekerjasama dengan Bank Nagari Cabang Padang Panjang,  melaunching Setoran Perdana PBB-P2 Online kota Padang Panjang Tahun 2020  “Dengan Pajak, Bersama Kita Membangun Daerah”, bertempat di lantai 3 Balai Kota Silaing Bawah Padang Panjang Barat, (28/7).


Sistem pembayaran pajak online ini, merupakan teknologi terbaru sebagai pengembangan sistem yang sebelumnya dan telah terintegrasi ke dalam sistem Bank Nagari.

Dengan di launchingnya, sistem pembayaran pajak online ini semakin membantu wajib pajak untuk melakukan pembayaran secara mudah, cepat, transparan dan bisa diakses dimana saja seperti melalui smartphone dan semua e-channel Bank Nagari(Bank Nagari SMS Banking, Bank Nagari Mobile Banking serta layanan lain Bank Nagari yang pernah ada selama ini,ujar Divisi Dana Treasuri Hendra Faisal. Hal ini merupakan komitmen Bank Nagari dalam mendukung pemerintah Kota Padang Padang Panjang dalam  mewujudkan dan keterbukaan Pemerintah dalam aspek pengelolaan keuangan daerah.

Penyediaan, layanan keuangan terpadu yang berbasis Digital dan mendukung upaya Pemerintah Kota Padang Panjang untuk menjadikan Pemerintahannya sebagai Smart Governmen. Untuk pelayanan kepada masyarakat di Kota Padang Panjang, saat ini Bank Nagati telah menempatkan sebanyak sejumlah unit ATM yang tersebar dibeberapa tempat strategis.

Sementara,  kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah,  Winarno berharap Bank Nagari,  segera dapat mengsosialisasikan sistem pembayaran pajak ini ke segenap lapisan masyarakat dan terus melakukan penyempurnaan penyempurnaan sistem sehingga masyarakat semakin merasa di berikan kemudahan dan kenyamanan dalam melakukan pembayaran pajak.

Walikota Fadly Amran,  Dt.  Paduko Malano, mengajak seluruh ASN agar patuh dalam membayar PBB dan jangan ada ASN dan masyarakat umum yang menghindar dari pembayaran PBB serta diharapkan pencapaian realisasi pembayaran pajak tahun 2019 ini mencapai target yang dudah pemerintah daetah targetkan. “Kerjasamakan dengan pihak-pihak terkait dalam rangka pemungutan PBB, semua harus berperan aktif mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai wajibnya pembayaran pajak`

Saya berharap  melalui aplikasi SP online ini, BPKD dapat membantu program smart city kota Padang Panjang yang secara tidak langsung juga akan meningkatkan good govermence Kota Padang Panjang” kata Fadly Amran. 

Dengan dilauncingnya pembayaran PBP secara online, dapat memotivasi tim khusus intensifikasi dan ekstensifikasi bersama untuk lebih giat melakukan PBB-P2 diwilayah kerja masing-masing sehingga diharapkan dapat meningkatkan realisasi penerimaan daerah. 

Selain itu, program SP2 online ini berguna meningkatkan pelayanan di bidang perbendaharaan di lingkup pemerintah kota Padang Panjang. Selain memberikan percepatan dalam rangka pencairan SP2, aplikasi ini juga memberikan transparansi tahapan proses pengajuan SP2 oleh masing-masing OPD,” jelas Sang Walikota.

Kita berharap,  dengan adanya kemudahan layanan pembayaran PBB,  tentu akan berimbas pada peningkatan penerimaan pajak yang dibayar oleh wajib pajak. Selama ini, tingkat kepatuhan masyarakat dalam membayar pajak masih rendah.  Sehingga, penerimaan pajak yang ditargerkan pemerintah daerah melalui BPKD sudah berjalan dengan bagus, tapi dalam penerimaan masih rendah. 

Kita sadar,  banyal hal yang membuat penerimaan pajak masih belum maksimal. Kesadaran,  akan membayarl pajak selama ini masih jauh dari harapan. Petugas wajib pajak, sudah bekerja secara maksimal door to door.  Namun,  kendala dilapangan tetap banyak. Inilah, salah satu penyebab belum tercapainya target penerimaan pajak. 

Lebih jauh Fadly Amran mengatakan, bahwa mengenai pembayaran PBB melalui ATM Mobile Banking, Fadly berterima kasih kepada Bank Nagari Cabang Padang Panjang, karena dapat mempermudah pembayaran, sehingga masyarakat tidak ragu-ragu dan juga tidak membuang-buang waktu untuk melakukan pembayaran.

Kemudian yang kedua, petugas kita di tingkat kelurahan tidak lagi sibuk melayani masyarakat untuk melakukan pembayaran PBB, Ia pun akan membuat surat kepada masyarakat bahwa Bank Nagari Cabang Padang Panjang sudah membuka pembayaran berupa online. Jadi para petugas tidak payah lagi menagih dengan mencari-cari alamat si pembayar PBB.

Diusai launching,  Walikota Fadly Amran dan Wakil Walikota Asrul melakukan pembayaran perdana pajak. Dilanjutkan,  pemberian bantuan pendidikan 100 juta rupiah dari Bank Nagari Cabang Padang Panjang yang diterima langsung boleh walikota didampingi Wakil Walikota Asrul, Sekretaris Daerah Dony Budaya Putra,Kepala BPKD Winarno. (Maison Pisano)
 
Top