Padang,Lintas Media News.
Peduli akan masyarakat terdampak pandemi covid-19,Keluarga Besar PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berkolaborasi dengan Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Sumatera Barat dan Komunitas Berbagi Nasi Padang, membagikan paket sembako untuk warga Kota Padang.Selasa (2/6).

Dalam situasi dan kondisi wabah Covid-19,sebagian dana untuk donasi ini merupakan hasil pengumpulan dana dari karyawan XL Axiata yang terus dilakukan secara rutin sejak awal terjadinya pandemi. Penyerahan donasi berlangsung di seputaran Kota Padang, Sumatera Barat,  Ikut serta dalam acara ini Territory Sales Manager XL Axiata area Padang, Toddy C Siburian.

Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi mengatakan.Banyak pekerja yang terimbas akibat Covid-19. Mereka adalah orang-orang yang pantang menyerah, tetap berusaha karena harus menghidupi keluarganya. Hasil yang diperoleh memang tidak lagi bisa maksimal seperti dulu ketika kondisi normal.

"Kepada mereka donasi ini kami salurkan, berkolaborasi dengan komponen masyarakat Kota Padang yang memiliki keperdulian yang sama. Semoga kegiatan ini bermanfaat dan bisa meringankan beban ekonomi mereka yang saat ini terdampak wabah Covid-19”,ungkap Desy.

Desy menambahkan, paket bantuan terdiri dari sembako, masker dan uang tunai. Ada sebanyak 60 paket bantuan. Sebelumnya, tim FJPI Sumbar dan Komunitas Berbagi Nasi Padang telah melakukan identifikasi di lapangan, untuk menentukan siapa saja masyarakat terdampak pandemi Covid-19 yang tetap tak kenal menyerah dalam mencari nafkah di situasi dan kondisi yang berat saat ini. Paket bantuan diberikan antara lain kepada pemulung, penjual koran, tukang parkir, dan pedagang kecil.

Ketua FJPI Sumatera Barat, Nita Indrawati Arifin mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, masyarakat harus bergotong royong membantu orang-orang di sekitar yang saat ini sedang berusaha mencari rezeki dan membutuhkan bantuan, walaupun situasi dan kondisi saat ini membatasi ruang gerak mereka.

 “Dalam kondisi saat ini, kita yang beruntung masih punya penghasilan, perlu kiranya berbagi rizki kepada orang-orang yang membutuhkan. FJPI Sumbar juga telah beberapa kali melakukan pengumpulan donasi untuk membantu warga sekitarnya.” imbuh Nita.

Relawan Komunitas Berbagi Nasi Padang, Prayudha Dewantara Asri mengatakan,”Kami berterima kasih telah diajak XL Axiata untuk ikut menyalurkan sembako bagi saudara-saudara kita yang kurang beruntung di tengah pandemi Covid-19 ini. Berbagi Nasi Padang mulai hadir sejak 2013, kami terus aktif berusaha memberikan bantuan kepada orang-orang yang membutuhkan. Sebagai warga Kota Padang, kami mengapresiasi karyawan XL Axiata yang telah mengumpulkan dana untuk donasi ini.”

Sebelumnya, XL Axiata juga  bekerjasama dengan Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan, PFI Pekanbaru, dan PFI Palembang memberikan bantuan kepada komunitas penyandang tuna netra melalui Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni), XL Axiata dan PFI menyalurkan donasi sembako di ketiga kota. Total ada sekitar 200 paket sembako yang dibagikan. Di Medan ada 60 paket, sementara itu di Palembang dibagikan 75 paket, dan di Pekanbaru 65 paket. Kemudian berkolaborasi dengan anak-anak muda Blogger Medan (Blog M) memberikan bantuan 60 paket sembako untuk para pemulung, penarik becak dayung, penjual koran, juru parkir, pedagang kecil, penyapu jalan raya, penjual krupuk, penjual balon, dan lain-lain di Kota Medan.

Donasi karyawan XL Axiata
Sejak pandemi Covid-19 melanda dan berdampak secara langsung pada kehidupan ekonomi sebagian masyarakat Indonesia, karyawan XL Axiata mengambil inisiatif untuk mengumpulkan donasi dari dana pribadi mereka sendiri. Pengumpulan donasi telah di laksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama terkumpul sebesar Rp 818 juta. Lalu pada tahap kedua terkumpul Rp 750 juta.

Dana hasil pengumpulan tahap pertama telah disalurkan untuk donasi 1.000 alat pelindung diri yang diberikan kepada 10 rumah sakit di Jakarta. Sementara itu, dana yang terkumpul dari tahap kedua disalurkan untuk donasi berupa bantuan pangan gratis, masker, vitamin, kebutuhan pokok Ibu dan Anak dan lain-lain di berbagai daerah di Indonesia, termasuk untuk membantu komunitas tunanetra di beberapa kota di Sumatera, bekerjasama dengan PFI, juga untuk membantu masyarakat kurang mampu di Medan yang penyalurannya bekerjasama dengan komunitas Blog M. 

XL Axiata terus berusaha melanjutkan kontribusi dalam mitigasi Covid-19 di Indonesia. Hingga saat ini dukungan untuk bekerja dan belajar dari rumah terus dilanjutkan melalui akses kuota data 2GB/hari secara gratis. Penguatan jaringan di sekitar rumah sakit rujukan utama pun terus dilakukan. Selain itu, bekerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), XL Axiata telah menyalurkan berbagai bantuan termasuk ribuan alat pelindung diri dan baju hazmat bagi tenaga medis di sejumlah daerah di Indonesia.(rel/st)
 
Top