PADANG.Lintas Media News.
 Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit menyerahkan bantuan bibit ikan untuk pelestarian sumbar daya ikan dan  memenuhi kebutuhan ikan bagi masyarakat di Masjid Al Munawarah Pilakuak Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Sabtu (13/6/2020).

Selain memberikan bantuan bibit ikan Wagub Sumbar yang didampingi oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar Yosmeri juga melakukan restocking atau penebaran bibit ikan di irigasi Bandar Kuranji . Sebanyak 10.000 ekor bibit ikan yang terdiri ikan Nila 5.000 ekor dan ikan Papuyu 5.000 ekor.

Hal ini merupakan bentuk kepedulian gubernur dan upaya untuk memenuhi konsumsi ikan masyarakat Kuranji. Pasalnya ikan yang ditebar di Danau Tes dapat dimanfaatkan secara bebas oleh masyarakat, dengan syarat penangkapan ikan tidak boleh menggunakan racun atau putas maupun disentrum dan sejenisnya.

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengatakan bantuan bibit ikan ini diharapkan dapat menambah populasi keanekaragaman ikan di Kuranji.

“Memenuhi konsumsi ikan bagi masyarakat ini sangat penting. Untuk itu saya imbau masyarakat untuk gemar makan ikan. Karena budaya makan ikan sebagai asupan protein hewani dengan kandungan gizi tinggi untuk mencegah gizi buruk dan kekerdilan pada anak (stunting)," kata Nasrul Abit.

Nasrul Abit menambahkan restocking ini merupakan upaya pemerintah untuk menambah stok ikan kita yang ada. Selain itu ini juga untuk membantu masyarakat yang tidak punya lahan dan ingin budidaya ikan.

"Makan ikan itu murah, sehat dan tersedia banyak. Warga disini bisa memanfaatkan potensi yang ada," ucapnya.

Lanjut dia meminta agar masyarakat memahami bahwa sumber protein tidak hanya pada daging, namun justru ikan merupakan sumber protein yang menjadi kekayaan yang melimpah.(rel/st)
 
Top