Padang Pariaman.Lintas Media News.
 Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Padang Pariaman membuka Acara Forum Perangkat Daerah dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja (Renja)  Perangkat Daerah dan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Kabupaten Padang Pariaman tahun 2021 pada Rabu (18/03) di Aula Bapelitbangda Kabupaten Padang Pariaman.

Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni sambutannya mengatakan. Penyelengaraan Forum Perangkat Daerah Kabupaten Padang Pariaman ini merupakan rangkaian tahapan kegiatan tahunan dalam rangka proses penyusunan Renja RKPD Kabupaten Padang Pariaman.

Proses kegiatan ini telah dimulai dari penyusunan rancangan awal RKPD Kabupaten Padang Pariaman  pada awal bulan Januari 2019 dan tanggal 06 Januari 2020 telah disampaikan surat permintaan penyampaian pokok-pokok pikiran DPRD tahun 2021,
Kemudian dilanjutkan dengan musrembang  tingkat kecamatan yang telah dilaksanakan pada tanggal 10 s/d 17 februari 2020.

Pelaksanaan konsultasi publik rancangan awal RKPD Kabupaten Padang Pariaman tahun 2020 pada 25 Februari 2020. Penyampaian dan pembahasan hasil usulan musrenbang tingkat kecamatan dan penelaahan pokok-pokok pikiran DPRD untuk dilakukan validasi oleh perangkat daerah terkait setelah pelaksanaan forum ini. Pada/*9 tahapan selanjutnya adalah musrenbang tingkat Kabupaten.”ujarnya.

Ia juga menambahkan melalui forum ini akan dilakukan pembahasan rancangan awal renja perangkat daerah untuk memperoleh saran dan pertimbangan dari pemangku kepentingan (stakeholder) yang terkait serta melalui forum ini juga akan dilakukan pembahasan renja secara terpadu dan terintegrasi serta sinkronisasinya dalam mendukung 9 (sembilan) prioritas pembangunan Kabupaten Padang Pariaman tahun 2021 yang telah ditetapkan juga akan dilihat sinkronisasinya dengan prioritas program dan kegiatan baik yang dihasilkan dari musrenbang RKPD dikecamatan maupun dari hasil validasi penelaahan pokok-pokok pikiran DPRD sebagai bahan masukan untuk  rancangan Renja perangkat daerah.

“Adapun 9 prioritas pembangunan dan arah kebijakan pembangunan daerah tahun 2020 Kabupaten Padang Pariaman diantaranya peningkatan kualitas kehidupan beragama dan berbudaya, peningkatan kualitas sumber daya manusia,  peningkatan derajat kesehatan masyarakat, pengembangan infrastruktur berwawasan lingkungan dan tata ruang, peningkatan produksi pertanian, peternakan dan perikanan, peningkatan potensi pariwisata unggulan, peningkatan kontribusi sektor industri dan perdagangan terhadap perekonomian daerah, penurunan tingkat kemiskinan dan pengangguran, peningkatan kinerja dan pelayanan daerah dan pengurangan resiko bencana, kesiap siagaan tanggap darurat dan pemulihan paska bencana.”sambungnya.

Ia juga mengatakan hasil forum ini akan menjadi bahan penyempurnaan rancangan awal renja perangkat daerah tahun 2021 yang nantinya akan dibahas dan dipertajam lebih lanjut di dalam musrenbang RKPD tingkat kabupaten yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 23-24 maret 2020. Hasil akhirnya akan menjadi bahan penyusunan RKPD Kabupaten Padang Pariaman tahun 2021 dimana sesuai Permendagri Nomor 86 tahun 2017 RKPD tahun 2020 ini mesti telah ditetapkan oleh bupati paling lambat bulan juni tahun 2020 atau paling lambat satu minggu setelah rkpd propinsi sumbar  tahun 2021 ditetapkan.

 RKPD Kabupaten Padang Pariaman tahun 2021 yang telah ditetapkan ini  akan menjadi landasan penyusunan KUA dan PPAS tahun 2021 dalam rangka penyusunan rancangan APBD Kabupaten Padang Pariaman Tahun 2021.

Ketua pelaksana Kepala Bapelitbangda Ir. Ali Amran,MP melaporkan tujuan dari pelaksanaan forum lintas perangkat daerah ini adalah menyelaraskan program dan kegiatan perangkat daerah dengan usulan program dan kegiatan hasil musrenbang tingkat kecamatan, mempertajam indikator dan target kinerja program dan kegiatan perangkat daerah sesuai dengan tugas dan fungsi perangkat daerah, mensinkronkan program dan kegiatan antar perangkat daerah  dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran prioritas pembangunan daerah sesuai dengan kewenangan dan sinergisitas pelaksanaan, menyesuaiakan pendanaan program dan kegiatan priroitas berdasarkan pagu indikatif untuk masing-masing perangkat daerah.

“Pada sidang pleno dan kelompok masing-masing perangkat daerah akan memaparkan recana kerja (renja) tahun 2021 secara panelis beberapa OPD yang kemudian dilakukan diskusi dan tanya jawab untuk mendapatkan masukan, tanggapan dan penyempurnaan rancangan kebijakan, program dan kegiatan perangkat daerah yang telah disusun oleh masing-masing perangkat daerah dengan disinkronkan dengan rancangan program prioritas daerah tahun 2010 yang telah disusun dalam rancangan awal rkpd kabupaten padang pariaman tahun 2021.”ujar Ali Amran.

Pada acara tersebut juga hadir pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Padang Pariaman, Staf Ahli, Asisten, Kepala Badan, Dinas Dan Kantor, Kepala Bagian, Camat di Lingkup Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, Praktisi, Pimpinan Ormas dan Orgasnisasi Profesi  di Wilayah Kabupaten Padang Pariaman. (Nurdin tanjung (NT).
 
Top